Bagikan:

JAKARTA – Halaman utama dari aplikasi Google mengalami perubahan setelah tab baru diluncurkan. Khusus untuk perangkat Android, aplikasi Google kini memiliki tab khusus untuk Notifikasi di bagian bawah layar.

Tab baru ini menggunakan ikon lonceng dan ditempatkan sejajar dengan tab Temukan, Telusuri, dan Disimpan. Setelah ditambahkan dalam bentuk tab baru, ikon Notifikasi yang semula berada di samping foto profil akun Google sudah dihilangkan.

Seperti sebelumnya, tab Notifikasi akan menampilkan pengingat dan informasi seperti kondisi cuaca saat ini atau yang akan datang, informasi penerbangan, skor olahraga, film atau acara yang tersedia, berita hari ini, dan masih banyak lagi.

Tampilan waktu dari tab Notifikasi masih terbagi menjadi dua, yaitu Hari Ini dan Sebelumnya. Selain itu, di masing-masing peringatan yang terlihat, ada ikon titik tiga yang berisi deretan menu untuk mengelola notifikasi yang masuk.

Tiga menu yang terlihat adalah Hapus, Jangan Dapatkan Pemberitahuan Seperti Ini, dan Kirim Umpan Balik. Seluruh perubahan ini baru dirilis ke dalam versi beta 15.20. Belum diketahui kapan pembaruan ini akan dirilis secara luas ke dalam versi publik.

Pada Maret lalu, aplikasi Google mendapatkan beberapa pembaruan, salah satunya penempatan ikon lonceng terbaru di samping gambar profil. Penempatan ikon ini memang masih sangat baru, tetapi Google memutuskan untuk menjadikannya sebagai tab.

Tidak diketahui mengapa Google memindahkannya dalam bentuk tab. Sepertinya, Google ingin menjadikan fitur Notifikasi sebagai sorotan. Meski pembaruan ini belum terlihat di iOS, perangkat tersebut mungkin akan menerima pembaruan dalam beberapa waktu mendatang.