Bagikan:

JAKARTA – Saat menggunakan ponsel yang baru dibeli, Anda pasti sudah mengetahui spesifikasi dari ponsel tersebut, mulai dari prosesor hingga kecepatannya. Namun, ingatan ini biasanya hanya bertahan sebentar.

Setelah beberapa tahun digunakan, Anda mungkin sudah lupa spesifikasi dari ponsel tersebut. Jika Anda penasaran dan ingin tahu kembali prosesor serta kecepatan dari ponsel Android Anda, berikut ini cara melihatnya, dikutip dari How to Geek.

Ponsel Android biasanya memiliki informasi yang terbatas sehingga Anda perlu sedikit usaha jika ingin mencari informasi komponennya. Dibandingkan dengan mencari tahu melalui halaman Pengaturan, Anda bisa mengandalkan informasi dari website.

Untuk mendapatkan hasil pencari terbaik, buka Pengaturan terlebih dahulu untuk mengetahui model perangkat Anda. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan Galaxy Z Flip 4, nama model perangkat tersebut adalah SM-F721U.

Setelah menemukan nama model perangkatnya, buka browser yang biasa Anda gunakan, lalu masukkan nama modelnya dengan tambahan kata spesifikasi. Setelah itu, Anda akan melihat berbagai website yang menjelaskan spesifikasi dari ponsel Anda.

BACA JUGA:


Cara lainnya, Anda bisa menggunakan aplikasi tepercaya seperti DevCheck. Aplikasi ini tidak hanya member tahu prosesor yang ponsel Anda gunakan, tetapi juga kecepatan prosesor, status CPU secara real-time, hingga status baterai Anda.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, unduh aplikasinya terlebih dahulu melalui Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasinya dan klik tab Hardware atau Perangkat Keras. Tab tersebut akan menampilkan nama dan informasi yang lebih detail dari prosesor ponsel Anda.

Selain itu, Anda bisa melihat kecepatan prosesor di tab Dashboard dan informasi mengenai CPU di Status CPU. Anda juga bisa mengecek kesehatan baterai, koneksi jaringan, RAM, hingga informasi kamera di ponsel Android Anda dengan beralih tab.