Bagikan:

JAKARTA – Setelah Google I/O 2024 digelar, Gemini mulai diluncurkan ke layanan Workspace seperti Gmail dan Google Drive. Namun, fitur ini masih diluncurkan secara bertahap sehingga belum tersedia secara luas.

Sekarang, Gemini versi 1.5 Pro sepertinya sudah tersedia secara luas bagi pengguna Workspace yang terdaftar di Labs. Model AI ini akan terlihat di panel samping dan bisa digunakan untuk mengerjakan perintah yang berkaitan dengan layanan Workspace.

Misalnya, Anda sedang menggunakan Google Meet dan perlu mencatat inti dari pertemuan yang sedang digelar. Anda hanya perlu menggunakan Gemini di panel samping untuk mengambil poin-poin penting yang dibicarakan selama rapat berlangsung.

Selain itu, Gemini juga bisa digunakan untuk menelusuri file, meringkas, atau mencatat poin penting dari email yang diterima.

Pengguna juga bisa mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan Dokumen, PDF, atau file lainnya di dalam Gmail dan Google Drive.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan panel samping Gemini, Anda harus terdaftar di Workspace Labs terlebih dahulu. Anda harus membuka halaman Workspace Labs, menyetujui Ketentuan Layanan yang tertera di bagian paling bawah, lalu klik Submit.

Setelah terdaftar sebagai peserta Workspace Labs, Anda bisa menggunakan panel saamping Gemini di Google Drive dan Gmail.

Selain dua layanan itu, Anda juga bisa mengakses Gemini di Spreadsheet, Dokumen, Slide, Google Meet, dan lainnya.

Panel samping Gemini akan diperluas ke lebih banyak pengguna Workspace dalam waktu dekat. Pada Juni mendatang, Google akan menghadirkan dukungan Gemini ke pelanggan berbayar Google One AI Premium dan Gemini for Workspace biasa atau Alpha.