Bagikan:

JAKARTA – ChatGPT, chatbot berbasis Kecerdasan Buatan (AI) yang dikembangkan OpenAI, meluncurkan dukungan integrasi ke Google Drive. Meski sudah diluncurkan, fitur ini tidak bisa digunakan oleh seluruh pengguna.

Pada awal bulan ini, pemilik akun legit_rumors di platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, mengungkap bahwa ChatGPT menambahkan fitur konektor konteks yang bisa mengakses Google Drive. Fitur ini juga bisa mengakses One Drive Personal dan Business.

Setelah diuji, 9to5google melaporkan bahwa fitur untuk mengakses dokumen di layanan cloud ini sudah diluncurkan secara luas. Namun, fitur ini hanya bisa digunakan oleh pelanggan ChatGPT Enterprise, bukan pengguna biasa atau pengguna dengan paket gratis.

Dengan menggunakan fitur baru ini, sepertinya pengguna bisa memasukkan sejumlah perintah yang berkaitan dengan file dari Google Drive atau One Drive. Untuk mengakses fitur baru ini, pengguna bisa mengeklik ikon lampiran di samping kotak pesan.

Setelah mengeklik ikon lampiran, pengguna bisa mengeklik opsi Tambahkan dari Google Drive. Setelah itu, pilih file seperti dokumen atau spreadsheet yang ingin dijadikan sebagai lampiran. Pengguna bisa langsung memasukkan nama file dari kotak pencarian.

Sebenarnya, fungsi dari fitur ini masih belum jelas karena OpenAI belum mengumumkan peluncuran fiturnya secara resmi. Tidak diketahui juga perintah apa saja yang bisa dimasukkan saat menggunakan lampiran dari Google Drive.

Jika Anda pengguna setia Google Drive, Anda juga bisa menggunakan fitur Gemini yang telah ditambahkan ke aplikasi tersebut. Dengan menggunakan Gemini, pengguna bisa meringkas atau mencari topik tertentu dari dalam file tanpa perlu membukanya.

Integrasi Gemini ke Google Drive tentunya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan integrasi ChatGPT. Pasalnya, Gemini bisa berjalan di panel samping Google Drive, jika menggunakan situs web, sehingga pengguna tidak perlu membuka aplikasi lainnya.