Bagikan:

JAKARTA – Hampir semua hal bisa dilakukan di Google Sheets, kecuali membuat tabel secara cepat. Sejauh ini, pengguna platform tersebut harus membuat blok data secara mandiri karena Google tidak mendukung fiturnya.

Kekurangan dalam menyusun tabel secara cepat akan menghilang dalam waktu dekat. Melalui halaman Komunitas Google, pihak perusahaan mengatakan bahwa fitur terbaru dari mereka bisa menyederhanakan proses pembuatan tabel.

"Kami tahu bahwa melakukan tugas berulang seperti memperbarui data di spreadsheet dapat memakan waktu lama," kata Google. "Untuk membantu mengatasi hal ini, kami dengan senang hati mengumumkan tabel di Google Sheets."

Menurut penjelasan Google, pengguna bisa membuat tabel hanya dengan mengeklik satu tombol. Pengguna hanya perlu memilih rentang data yang ingin dijadikan tabel, mengetuk menu Format, lalu mengeklik tombol Konversikan ke Tabel.

Setelah tombol tersebut diklik, seluruh sel yang diblok akan berubah menjadi tabel dengan filter dan format yang lebih rapi. Tabel yang dibuat akan langsung terbagi menjadi jenis kolom dengan pilihan filter, kode warna, menu dropdrown, dan lainnya.

"Saat Anda mengonversi data menjadi tabel, Sheets secara otomatis menerapkan pemformatan untuk menyempurnakan data Anda sehingga semua masukan diselaraskan dengan benar, sehingga mengurangi kebutuhan akan perubahan manual," jelas Google.

Ketika tabel sudah terbuat dan kolom terbagi berdasarkan jenisnya, pengguna bisa mengubah tampilan kolomnya melalui menu dropdrown. Selain itu, pengguna Sheets tidak perlu repot membuat judul karena fitur ini akan membuatnya secara otomatis.

Nama untuk tabel atau header kolom akan disesuaikan dengan elemen tabelnya. Jika isi tabelnya diperbarui atau dikurangi, nama tabelnya bisa mengalami perubahan. Pengguna juga bisa menggunakan rumus bawaan dari tabel untuk mengatur data.

Fitur pembuat tabel secara otomatis ini telah diluncurkan melalui domain rilis cepat pada 8 Mei lalu dan akan berakhir pada 30 Mei. Fitur ini akan terus diluncurkan secara bertahap hingga bulan Juni dan sepertinya akan ditambahkan ke versi situs web terlebih dahulu.