Google Tingkatkan Keamanan dan Kemampuan AI Generatif ke Workspace
Ilustrasi perusahaan Google (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Di era AI Generatif, privasi dan keamanan data menjadi perhatian utama. Menurut laporan Harvard Business Review yang berjudul “Why Data Breaches Spiked in 2023”, sepanjang 2022-2023 pelanggaran data meningkat 20 persen. 

Untuk itu, Google menyediakan add-on AI Security baru seharga 10 dolar AS (Rp160 ribu) per pengguna, per bulan, yang memungkinkan tim IT mengklasifikasikan dan melindungi file sensitif di seluruh perusahaan secara otomatis di Google Drive. 

Kemampuan ini menggunakan model AI yang menjaga privasi yang dilatih menggunakan data unik organisasi Anda, memungkinkan evaluasi, klasifikasi, dan perlindungan berkelanjutan terhadap file yang ada dan baru di Drive, untuk semua karyawan Anda, termasuk pekerja frontliner.

Selain itu, untuk membantu pengguna menjaga data tetap aman dan menjadikan Gmail email paling aman untuk bisnis, Google memperluas kontrol DLP dan label klasifikasi ke Gmail dalam versi beta. 

Raksasa penelusuran juga menambahkan dukungan eksperimental untuk kriptografi pasca-kuantum (PQC) dalam enkripsi sisi klien bersama dengan mitra Google, termasuk Thales dan Fortanix untuk membantu melindungi data paling sensitif pengguna dari serangan komputer kuantum. 

Peningkatan lainnya akan hadir di Workspace

Perintah suara dan pemolesan instan di Gmail: jika Anda sedang bepergian, Anda bisa menggunakan perintah suara Help me write, dengan demikian catatan kasar akan menjadi email lengkap dengan sekali klik.

Elemen penyusun dan notifikasi baru di Sheets: Fitur tabel baru Sheets akan melakukan pekerjaan berat dalam memformat dan mengatur data dengan desain yang ramping. Google juga memperkenalkan pemberitahuan peringatan otomatis berdasarkan pemicu khusus seperti perubahan pada status.

Tab dan personalisasi di Docs: Kini dengan tab, Anda dapat mengatur informasi dalam satu dokumen alih-alih menautkan ke beberapa dokumen atau menelusuri Drive untuk menemukan apa yang Anda cari. 

Peningkatan kapasitas anggota dan interoperabilitas dalam fitur Chat: Peningkatan kapasitas anggota hingga 500.000 dalam ruang akan tersedia secara umum dalam beberapa minggu mendatang.