Bagikan:

JAKARTA - Google Sheets dikenal dengan berbagai alat dari Google yang dapat membantu menyelesaikan tugas pendataan maupun perhitungan dengan lebih efisien dan mudah.

Tapi tidak hanya itu, nyatanya ada beberapa fitur lain di Google Sheets yang akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Berikut ini adalah empat fitur Google Sheets yang mungkin tidak banyak diketahui orang-orang.

Mengubah warna tab

Ketika Anda memiliki banyak Tab di file Anda, Anda bisa menandakan Tab penting dengan warna tertentu untuk menandakan Tab mana yang selaras, atau mana Tab penting yang perlu dilihat. Caranya, cukup klik downward arrow pada Tab yang diinginkan kemudian pilih change color dan pilih warna yang diinginkan.

Membuka banyak link secara bersamaan

Di Google Sheets, Anda bisa membuka hyperlinks yang ada di setiap kata secara bersamaan tanpa harus mengklik link satu per satu. Caranya, pilih range hyperlink yang ingin dibuka, kemudian klik kanan dan pilih open links.

Membagikan link yang dipersonalisasi

Jika Anda ingin mengirimkan sebuah email yang merujuk pada bagian spesifik yang ada dalam Google Sheets, Anda bisa mengirimkannya menggunakan custom link. Caranya, highlights bagian yang dalam sheets yang dituju, kemudian klik kanan dan pilih view more row actions lalu pilih get link to this range.

Melihat timeline

Dengan fitur timeline view of yang tersedia di Google Sheets, Anda dapat mengerjakan sebuah proyek atau aktivitas lebih mudah. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat tabel yang menunjukkan nama aktivitas dan keterangan awal dan akhir proyek dengan jelas.

Kemudian, highlight bagian yang diinginkan untuk muncul di timeline, lalu klik kanan dan pilih Timeline. Tampilan Google Sheets akan otomatis berubah menjadi Timeline view.