Perbedaan Microsoft Excel dengan Google Sheets dan Bagaimana Cara Mengimpor File
Perbedaan Microosoft Excel dengan Google Sheets dan Bagaimana Cara Mengimpor File (Envato Tuts)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Meskipun terlihat memiliki berbagai fitur yang sama, tetapi Microsoft Excel dan Google Sheets memiliki sejumlah perbedaan, antara lain dari segi fungsi dan cara mengaksesnya.

Dibanding Google Sheets atau Spreadsheets, Microsoft Excel memiliki berbagai formula yang lebih lengkap untuk mempermudah penggunanya menyusun dokumen excel.

Selain itu, Microsoft Excel dapat diakses secara offline alias tidak memerlukan jaringan internet. Sementara Google Sheets, hanya bisa diakses ketika perangkat yang Anda gunakan terhubung dengan internet.

Kendati begitu, jika menggunakan Google Sheets, pengguna dapat menyimpan file secara online dan bisa diakses di mana saja. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk membuka dokumen yang sama menggunakan perangkat berbeda.

Bagi pengguna yang terbiasa menggunakan Microsoft Excel, atau membutuhkan fitur yang ada di Microsoft Excel untuk membuat formula file yang Anda inginkan, tetapi ingin menyimpannya secara online, Anda dapat mengimpor file Excel ke Google Sheets.

Hal tersebut dapat Anda lakukan karena 2 aplikasi tersebut memiliki fungsi yang hampir sama. Kendati begitu, ada sejumlah formula Excel yang tidak bisa diedit menggunakan Google Sheets, sehingga pengguna hanya bisa menyimpan saja dalam format Sheets.

Apabila Anda ingin mengedit file dengan formula Microsoft Excel, pengguna dapat mengunduh file tersebut kemudian membukanya menggunakan Excel di perangkat komputer atau laptop.

Tapi, jika Anda hanya ingin menyimpannya secara online, caranya sangat mudah. Pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Menyimpan File Microsoft Excel Menjadi Google Sheets di Drive

Pengguna dapat membuat file dokumen menggunakan Microsoft Excel terlebih dahulu di perangkat komputer atau laptop Anda. Setelah dokumen selelsai dibuat Anda dapat menyimpannya menjadi Google Sheets dan menyimpan di Google Drive.

Anda dapat memilih menu "Open File Picker" di halaman utama menu task bar Microsoft Excel Anda, kemudian unggah file Excel yang sudah Anda buat sebelumnya.

Setelah itu, klik Ok, dan file dokumen yang Anda buat dalam bentuk Excel akan tersimpan ke Google Drive dalam bentuk Google Sheets, dan bisa Anda buka di berbagai perangkat.

Pengguna dapat membuka file Google Sheets di perangkat yang terhubung dengan akun Google Drive Anda. Karenanya, pengguna dapat membukanya di berbagai perangkat komputer hingga smartphone.

Itu tadi cara yang dapat Anda lakukan untuk mengubah file dokumen dalam bentuk Microsoft Excel, menjadi file Google Sheets supaya dapat dibuka dan disimpan secara online di Google Drive.