Microsoft Buat Fitur Baru untuk Excel, Sayang Baru Tersedia di Microsoft  365
Microsoft mengumumkan telah membuat otomatisasi  Excel. (foto: tangkapan layar youtube)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft mengumumkan telah membuat otomatisasi  Excel kini menjadi lebih pintar, setidaknya di versi web yang disertakan dengan Microsoft 365. Pekan lalu sudah diumumkan saran rumus dan rumus dengan contoh, keduanya dapat membantu mengotomatiskan beberapa hal yang harus Anda lakukan secara manual.

Saran rumus cukup banyak seperti yang tertulis di sel: jika Anda mengetikkan tanda sama dengan ke dalam sel, Excel untuk web akan mencoba secara cerdas menyarankan jenis rumus apa yang harus Anda gunakan, berdasarkan data yang ada di sekitarnya.

Misalnya, jika Anda memiliki banyak angka penjualan triwulanan dan kolom di bagian akhir berlabel "total", Excel mungkin menyarankan untuk menjumlahkan rentang sel.

Menurut posting blog dari Microsoft, fitur tersebut saat ini hanya berfungsi dalam bahasa Inggris, dan akan menyarankan rumus jumlah, rata-rata, hitung,  min, dan maks. Ini bukan fitur terobosan, tentu saja karena Google Sheets telah memiliki sesuatu yang serupa untuk sementara waktu, dan AutoSum Excel telah lama menjadi cara cepat untuk menerapkan rumus ke data. Namun untuk beberapa kasus penggunaan, ini bisa menjadi penghemat waktu yang bagus.

Lalu ada Formula by Example, yang mirip dengan fitur Flash Fill yang dapat secara otomatis mendeteksi pola pada data dan mengisi kolom lainnya. Fiturnya agak sulit untuk dijelaskan secara ringkas, tetapi video dari Microsoft memberi Anda gambaran tentang apa itu. Bahkan mendeteksi pola tempat Anda menyisir informasi dari sel dan kemudian secara otomatis membuat rumus yang akan menghemat pengetikan.

Jurnalis The Verge saat mencoba menguji saran formula dan formula dengan contoh di web tetapi tidak dapat benar-benar menampilkannya. Posting blog mengatakan bahwa fitur-fitur tersebut sekarang diluncurkan, jadi mungkin mereka belum masuk ke akun mereka.

Saat memeriksa aplikasi desktop Excel untuk Windows dan Mac, tampaknya mereka juga tidak memiliki fitur pelengkapan otomatis ini.

Posting blog Microsoft juga menyertakan beberapa pengumuman fitur lainnya, meskipun harus akui tidak cukup pengguna yang kuat untuk benar-benar dapat memahaminya.  

Ada fungsi untuk menambahkan gambar dengan teks-alt ke dalam tabel Anda yang muncul ke Windows, Mac, dan web, dan Microsoft juga menambahkan tipe data Power Query bersarang dan kemampuan untuk mendapatkan data dari array dinamis ke versi Insider aplikasi Windows untuk pengujian.

Satu fitur lain yang berpotensi berguna dan mudah dipahami yang muncul ke web adalah "tautan yang disarankan", yang secara otomatis akan membantu Anda memperbaiki tautan yang rusak ke buku kerja lain yang disimpan di cloud.