Cara Mudah Mengaktifkan Mode Gelap di Mastodon
Platform microblogging Mastodon akhir-akhir ini menjadi banyak digemari semenjak Twitter diambil alih oleh miliarder Elon Musk. (foto; dok. ist)

Bagikan:

JAKARTA - Platform microblogging Mastodon akhir-akhir ini menjadi banyak digemari semenjak Twitter diambil alih oleh miliarder Elon Musk. Terlebih, antarmuka dan fiturnya tak jauh berbeda, salah satunya mode gelap atau dark mode.

Mastodon mendapatkan rejeki nomplok dimana penggunanya meningkat drastis dari 300 ribu pada Oktober lalu dan di bulan ini, meroket menjadi lebih dari 8,5 juta.

Untuk lebih nyaman berselancar di Mastodon, pengguna harus menggunakan mode gelap agar unggahan orang lain mudah dilihat.

Mode gelap Mastodon dapat digunakan di aplikasi untuk Android dan iOS. Menariknya, mode gelap adalah tema default untuk versi web Mastodon. Kecuali Anda membuka situs web dan mengubah pengaturan tampilan ke mode terang, Mastodon menampilkan umpan dan semua informasi lainnya dalam tema abu-abu tua. 

Tak perlu berlama-lama, berikut cara mengaktifkan mode gelap di Mastodon.

1. Buka Mastodon, klik ikon pengaturan di sudut kanan atas antarmuka.

2. Di bagian Look And Feel, pilih Always Dark. Ini akan segera mengubah tampilan aplikasi.

3. Aplikasi ini juga memiliki True black dark mode yang mungkin bekerja lebih baik untuk beberapa pengguna.

Meskipun Mastodon untuk web mengikuti tema gelap secara default, jika tema Anda tidak seperti itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini, dikutip dari Slashgear, Selasa, 27 Desember.

1. Buka Mastodon Anda.

2. Ke kanan, klik pada tab Preferences.

3. Klik Appearance di sebelah kiri.

4. Pilih Site Theme untuk membuka menu tarik-turun dan pilih Mastodon (Dark).

5. Kemudian, Save Changes di kanan atas.