Bagikan:

JAKARTA - Google mengumumkan banyak inovasi dan fitur-fitur batu ke produknya selama siaran Google I/O 2024. Salah satunya adalah fitur Ask Photos untuk Google Photos.

Diluncurkan sekitar sembilan tahun lalu, Google telah melihat ada lebih dari 6 miliar foto dan video yang di-upload setiap harinya. Orang juga suka menggunakan Foto untuk melakukan penelusuran terkait hidup mereka. 

Dengan dukungan Gemini, model AI Google yang canggih, fitur Ask Photos ini memungkinkan Anda menemukan foto yang relevan sesuai dengan petunjuk atau perintah yang Anda berikan. 

“Misalnya, Anda akan membayar parkir mobil tetapi lupa nomor pelatnya. Sekarang Anda dapat bertanya ke Photos. Ia tahu mobil yang sering muncul di foto Anda, menentukan mobil mana yang milik Anda, lalu menunjukkan nomor pelatnya,” tulis perusahaan. 

Tidak hanya itu, Ask Photos juga bisa membantu Anda menelusuri kenangan masa lalu secara lebih mendalam. Sebagai contoh, Anda mungkin sedang mengingat-ingat perkembangan awal anak Anda. 

Anda dapat bertanya ke Foto: “Kapan [nama anak Anda] mulai bisa berenang?” Dan Anda dapat melanjutkan pertanyaan itu dengan kueri yang lebih kompleks: “Tunjukkan perkembangan renang [nama anak Anda]”

Di sini Gemini tidak hanya melakukan penelusuran sederhana, tetapi juga mengidentifikasi beragam konteks dari berenang di kolam renang, snorkeling di laut, hingga teks dan tanggal sertifikat renangnya. 

Google Photos akan mengemas semuanya menjadi satu, sehingga Anda dapat melihatnya sekaligus dan menikmati kembali kenangan menakjubkan itu. 

Fitur Ask Photos direncanakan untuk diluncurkan pada musim panas ini, dengan kapabilitas lain segera menyusul.