Bagikan:

JAKARTA – Ask Photos, fitur yang didukung Gemini, telah diperkenalkan sejak Mei lalu. Awalnya, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna Google Labs di AS, tetapi kini fiturnya sedang diuji untuk pengguna Google Photos.

Akses awal untuk fitur ini mulai dibuka pada Kamis, 5 September bagi pengguna Google Photos di perangkat Android dan iOS. Saat ini, fitur AI tersebut hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Google akan menambah bahasa lainnya dalam beberapa minggu mendatang.

"Seiring dengan semakin banyaknya pustaka foto, menemukan apa yang Anda cari terkadang memerlukan kueri yang lebih deskriptif. Mulai hari ini, Anda dapat menemukan apa yang Anda cari menggunakan bahasa sehari-hari," kata Google dalam keterangan resminya.

Fitur Ask Photos mendukung pencarian yang lebih cepat dengan kueri bahasa sehari-hari. Ketika memasukkan kueri pencarian seperti aku dan kucing sedang bermain, Google Photos akan memperkecil tampilan foto sesuai dengan kueri yang diinginkan.

Kemampuan ini pengenalan foto ini bisa dihadirkan berkat Gemini. Model Bahasa besar ini dapat memahami konteks dari kumpulan foto yang tersimpan di Google Photos, mulai dari penggunanya, orang lain, hobi yang disukai pengguna, makanan favorit, dan lainnya.

Untuk saat ini, akses awal fitur Ask Photos baru dibuka untuk pengguna terpilih di AS yang menjadi bagian dari Google Labs. Setelah itu, buka situs web Google Photos untuk meminta akses awal ke fitur AI tersebut dan masuk ke dalam daftar tunggu.

"Kami sangat antusias melihat bagaimana Anda menggunakan Ask Photos, dan ingin meningkatkan serta memperluas kemampuannya," ungkap Google. "Kami memastikan bahwa kami mendapatkan pengalaman ini dengan benar sebelum meluncurkannya secara luas."