Bagikan:

JAKARTA - Google secara diam-diam mulai menggulirkan fitur Ask Photos untuk beberapa pengguna Google Photos. Fitur ini memungkinkan pengguna mencari foto di perpustakaan mereka hanya dengan menggunakan bahasa alami. Meskipun fitur ini diumumkan pada bulan Mei, saat ini hanya beberapa pengguna di Amerika Serikat yang mendaftar dalam daftar tunggu yang mendapatkan akses awal.

Didukung oleh teknologi Gemini, fitur Ask Photos memberikan kemampuan bagi pengguna untuk mencari foto dengan menggunakan kalimat sederhana. Contohnya, pengguna dapat mencari dengan perintah seperti, "Berapa nomor plat mobil saya?" atau "Tunjukkan foto terbaik dari setiap taman nasional yang pernah saya kunjungi."

Fitur ini bahkan memungkinkan pengguna menambahkan pencarian terkait orang yang mereka cintai, membuatnya menjadi alat pencarian yang sangat efektif.

Menurut Mishaal Rahman dan 9to5Google, peluncuran ini terjadi secara bertahap dan hanya tersedia untuk pengguna tertentu yang telah mendaftar sebelumnya. Fitur ini diluncurkan melalui perubahan di sisi server, sehingga versi aplikasi Google Photos yang digunakan tidak memengaruhi ketersediaan fitur tersebut.

Fitur di Masa Depan

Meskipun teknologi serupa telah diterapkan oleh ASUS pada aplikasi galeri mereka, Ask Photos di Google Photos dipandang sebagai peningkatan signifikan, mengingat basis pengguna Google Photos yang sangat luas.

Teknologi pengenalan wajah dan kecerdasan buatan Gemini yang lebih canggih diharapkan membuat pencarian foto menjadi lebih akurat dan bermanfaat bagi pengguna.

Peluncuran global fitur ini sangat dinantikan, karena dapat mengubah cara orang mencari foto di perangkat Android mereka.