Bagikan:

JAKARTA – Google I/O, konferensi tahunan bagi para developer Google dan Android, kembali digelar pada 14 Mei. Di acara tersebut, Google memberikan pengumuman seputar fitur atau peningkatan di produknya.

Ada banyak fitur yang akan Google luncurkan dalam beberapa waktu ke depan. Berbagai fitur ini bisa ditemukan di Google Lens, Gemini, Foto, hingga Circle to Search. Berikut ini beberapa fitur yang Google umumkan di konferensi developer, mengutip dari The verge.

Pencarian Google Lens dengan Video

Google Lens merupakan aplikasi untuk mencari objek tertentu secara cepat. Pengguna hanya perlu memasukkan foto dari galeri atau memotret objek secara langsung dari aplikasi. Dalam waktu dekat, pengguna Google Lens juga bisa merekam objek.

Saat merekam suatu objek, pengguna bisa sambil mengajukan pertanyaan mengenai objek tersebut. Setelah rekaman diterima oleh Lens, fitur pengidentifikasi objek itu akan menunjukkan hasil yang relevan dan bisa menjawab pertanyaan penggunanya.

Gemini Bisa Menelusuri Foto

Google berencana meluncurkan fitur baru di Gemini, yaitu kemampuan untuk menelusuri atau menyaring foto di galeri. Fitur yang disebut sebagai Ask Photos ini terintegrasi dengan Google Foto dan pengguna bisa mengajukan pertanyaan tertentu.

Misalnya, pengguna lupa dengan plat nomor mereka, tetapi mereka ingat bahwa potret plat mobil tersimpan di galeri fotonya. Mereka hanya perlu bertanya, "Berapa plat nomor saya?" dan Gemini akan menampilkan foto dari galeri yang memperlihatkan plat nomornya.

Gemini Ditambahkan ke Workspace

Pembaruan berikutnya yang Google umumkan adalah peluncuran Gemini di beberapa layanan Google Workspace seperti Dokumen, Spreadsheet, Slide, Drive, hingga Gmail. Large Language Model (LLM) ini akan diluncurkan pada bulan Juni ke pelanggan berbayar.

Setelah diluncurkan, model AI ini akan menjadi asisten virtual yang serba guna di Workspace. Pengguna bisa mengakses dokumen secara cepat, mencari dokumen dengan mudah, menulis email tanpa kesalahan, dan berbagai kemampuan canggih lainnya.

Circle to Search Menjawab Soal Matematika

Selanjutnya, Google mengumumkan bahwa fitur Circle To Search yang digunakan untuk mencari objek bisa mengerjakan soal matematika. Kemampuan baru ini bisa digunakan di tablet atau ponsel Android yang kompatibel dengan fitur tersebut.

Pengguna hanya perlu melingkari soal matematika yang sulit mereka kerjakan dan Circle to Search akan membantu untuk menjawab soalnya. Perlu diingat bahwa fitur ini hanya membantu memecahkan masalah, bukan memberikan jawaban secara cuma-cuma.