Bagikan:

JAKARTA – Di acara I/O 2024 pada 14 Mei lalu, Google mengumumkan bahwa Gmail versi Android dan iOS akan mendapatkan tiga fitur terbaru yang ditenagai oleh Gemini. Ketiga fitur ini akan tersedia dalam waktu dekat.

Kehadiran fitur Kecerdasan Buatan (AI) di ponsel merupakan hal yang sangat menarik. Google pun menemukan fakta bahwa penggunaan fitur bantu berbasis AI jauh lebih tinggi di ponsel karena perangkat ini lebih nyaman digunakan kapan pun dan di manapun.

Oleh karena itu, mereka menghadirkan lebih banyak fitur Gemini ke versi aplikasi seluler dari Gmail. Ada tiga fitur yang akan dilihat oleh pengguna Gmail, yaitu fitur Tanya Jawab, Balasan Cerdas yang Ditingkatkan, dan Ringkasan.

Tanya Jawab bisa digunakan untuk meringkas isi email, tetapi bisa juga lebih dari itu. Saat mengeklik ikon Gemini di pojok kanan atas, pengguna bisa memasukkan berbagai perintah yang diinginkan, termasuk meminta saran untuk membalas email.

Fitur Tanya Jawab memang bisa meringkas, tetapi dengan konteks yang berbeda. Jika pengguna ingin meringkas isi email yang begitu panjang dengan cara yang mudah, mereka bisa menggunakan fitur yang lebih spesifik, yaitu Ringkas Email Ini.

Tombol untuk menggunakan fitur ini akan terlihat di bagian bawah baris subjek. Pengguna Gmail bisa menggunakan fitur ringkasan ini jika mereka berlangganan Workspace Labs, Google One AI Premium, atau Gemini for Workspace.

Terakhir, pengguna Gmail akan mendapatkan akses ke fitur Balasan Cerdas. Fitur ini merupakan versi terbaru dari Smart Compose yang diperkenalkan pada tahun 2017, tetapi kemampuannya jauh lebih baik karena lebih pandai memahami konteks.

Balasan Cerdas akan muncul dalam bentuk carousel chip saat pengguna Gmail ingin membalas email. Fitur ini akan diluncurkan bagi pengguna Workspace Labs pada Juli mendatang. Estimasi waktu peluncurannya juga sama dengan fitur Tanya Jawab.