Bagikan:

JAKARTA – Pada akhir Mei lalu, Google meluncurkan sidebar Gemini ke dalam Gmail, khusus bagi pengguna Workspace yang terdaftar di Labs. Kini, sidebar Gmail diperluas ke seluruh pelanggan Workspace.

Melalui halaman pembaruan Workspace, Google mengatakan bahwa sidebar Gemini sudah diluncurkan ke dalam situs web Gmail. Perusahaan itu menambahkan model Gemini terbaru, yaitu 1.5 Pro, untuk mendukung penalaran yang lebih canggih.

Dengan adanya dukungan Gemini, pengguna Gmail bisa meringkas email, menyarankan tanggapan untuk email masuk, membantu menyusun emai, mengajukan pertanyaan terkait isi email, dan menemukan informasi yang spesifik di email atau Google Drive.

Google mengatakan bahwa Gemini akan menawarkan berbagai perintah yang proaktif untuk membantu pengguna. Selain menawarkan berbagai perintah, pengguna juga dapat, "mengajukan pertanyaan berformat bebas (untuk direspons oleh Gemini)."

Google juga meluncurkan Gemini di aplikasi seluler Gmail untuk Android dan iOS. Meski fiturnya tidak sebanyak di situs web, pengguna masih bisa meminta bantuan Gemini untuk menganalis rangkaian email dan melihat ringkasan dengan sorotan utama.

"Ini berguna ketika Anda sedang bepergian, terutama karena membaca rangkaian email yang panjang bisa memakan waktu," kata Google. Dalam waktu dekat, fitur Balasan Cerdas Kontekstual dan Tanya Jawab Gmail akan ditambahkan ke aplikasi seluler.

Sidebar atau dukungan Gemini di Gmail situs web maupun aplikasi seluler akan tersedia untuk Pengaya Bisnis dan Perusahaan Gemini, Tambahan Pendidikan Gemini dan Premium Pendidikan, serta Google One AI Premium di layanan Google Workspace.