Bagikan:

JAKARTA – Gmail untuk perangkat Android dan iOS telah meluncurkan fitur Ringkasan Email yang didukung Gemini pada akhir Juni lalu. Meski sudah diluncurkan, fitur ini tidak tersedia untuk seluruh pengguna.

Saat pertama kali dirilis, Google mengatakan bahwa peluncuran fitur ini membutuhkan waktu beberapa minggu. Kini, fitur tersebut sudah dirilis secara luas dan bisa diakses oleh seluruh pelanggan paket Gemini dan Google One AI Premium.

Dilansir dari 9to5google, fitur Ringkasan tidak akan muncul di dalam email yang hanya berisi satu alinea. Sepertinya, Google menganggap bahwa fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI) akan berguna di email dengan isi yang panjang.

Tombol Ringkasan Email ditempatkan di bagian bawah judul email. Setelah diketuk, Gemini akan muncul dan memberikan poin-poin penting. Model AI ini membutuhkan waktu satu detik untuk meringkas email, bahkan di pesan yang tidak terlalu panjang.

Setelah Gemini memberikan jawaban, pengguna tidak bisa memberikan perintah lanjutan karena tidak ada bilah Masukkan Permintaan di Sini. Jika pengguna ingin mengajukan pertanyaan seputar email yang diterima, mereka bisa menggunakan fitur Tanya Jawab Gmail.

Gemini akan muncul dalam bentuk pop-up saat tombol Ringkasan Email diklik. Pengguna bisa mengatur panjang jendelanya, atau memunculkan Gemini dalam bentuk jendela penuh, dengan mengontrol tombol pegangan di bagian atas jendela.

Pengguna hanya perlu menekan tombolnya, lalu menarik tombol tersebut ke bagian atas layar. Setelah itu, Gemini akan muncul dalam bentuk jendela penuh. Untuk mengecilkan jendelanya, pengguna bisa menarik tombol pegangannya ke bagian bawah.