Bagikan:

JAKARTA – Setelah menambahkan Apple Translate ke watchOS 11, Apple kembali meluncurkan pembaruan untuk aplikasi tersebut. Kali ini, Apple merilis Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) untuk para pengembang.

Dengan diluncurkannya API ini, pengembang bisa mengintegrasikan Apple Translate ke dalam aplikasi mereka. Ini merupakan perangkat lunak yang mempermudah para pengembang karena mereka tidak perlu menggunakan platform pihak ketiga lagi.

API untuk aplikasi Translate ini sudah diperkenalkan saat Apple menggelar Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024. Perusahaan itu menjelaskan bahwa aplikasi yang menggunakan API ini bisa memakai mesin pembelajaran yang sama dengan Apple Translate.

Dengan begitu, aplikasi yang menggunakan integrasi Apple Translate bisa menerjemahkan secara online maupun offline. Selain itu, model yang diunduh akan dibagikan antara aplikasi utama dan aplikasi pihak ketiga yang menggunakan API.

Apple sempat menjelaskan bahwa API Translate yang mereka luncurkan akan mempermudah pengguna dalam menerjemahkan berbagai bahasa secara cepat. Dengan integrasi ini, aplikasi apa pun bisa menerjemahkan kumpulan teks yang lebih besar.

"Temukan bagaimana Anda dapat menerjemahkan teks dalam berbagai bahasa di aplikasi Anda menggunakan kerangka Terjemahan baru. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara menampilkan terjemahan dengan cepat di UI sistem," tulis Apple dalam deskripsinya, dikutip dari 9to5mac.

API ini tersedia untuk perangkat yang menjalankan iOS 17.4 atau yang lebih baru, tetapi ada juga fitur eksklusif yang dihadirkan khusus untuk iOS 18. Fitur ini mencakup kemampuan menerjemahkan satu string atau kumpulan string di antarmuka apa pun.