Salahkan Aturan Eropa, Apple Akui Hapus Fitur Instal Aplikasi Web di iOS 17.4
Apple hapus fitur instal aplikasi web (foto: dok. Apple)

Bagikan:

 

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, pengguna iOS 17.4 beta mengeluhkan masalah fitur Aplikasi Web Progresif (PWA) yang hilang dari browser. Rupanya, fitur ini memang sengaja dihapus oleh Apple.

Melalui situs pengembang aplikasi, Apple mengatakan bahwa mereka menghapus fitur instal aplikasi web karena Undang-Undang Pasar Digital (DMA) di Uni Eropa. Apple menjelaskan bahwa mereka membuat fitur tersebut di WebKit.

Dengan menggunakan WebKit, aplikasi web akan diintegrasikan ke model keamanan dan privasi yang dikembangkan di iOS. Namun, integrasi ini tidak bisa diterapkan di aplikasi lain karena DMA membuat seluruh browser di iOS terbebas dari WebKit.

“Aplikasi web Layar Utama dikelola agar selaras dengan model keamanan dan privasi untuk aplikasi asli di iOS, termasuk isolasi penyimpanan dan penegakan perintah sistem untuk mengakses kemampuan yang memengaruhi privasi pada basis per situs,” kata Apple.

Tanpa adanya isolasi penyimpanan dan perintah sistem yang telah Apple atur, aplikasi web yang berbahaya bisa membaca data dari aplikasi web lainnya. Bahkan, pada kemungkinan terburuk, web berbahaya bisa mengakses kamera, mikrofon, hingga lokasi.

Apple mengakui bahwa mereka tidak bisa mengatasi masalah keamanan dan privasi yang lebih kompleks karena arsitektur integrasi browser lainnya tidak diatur oleh iOS. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk menghapus fitur instal aplikasi web di browser.

“Mengatasi masalah keamanan dan privasi yang kompleks terkait dengan aplikasi web yang menggunakan mesin browser alternatif memerlukan pembangunan arsitektur integrasi yang sepenuhnya baru yang saat ini tidak ada di iOS dan tidak praktis untuk dilakukan mengingat tuntutan lain dari DMA,” jelas Apple.

Meski Safari masih menggunakan WebKit, Apple tetap tidak bisa mempertahankan fitur aplikasi web mereka. Pasalnya, peraturan DMA menekankan kesetaraan dan Apple tidak bisa membuat Safari terlihat lebih unggul dari browser lainnya.

Setelah versi iOS 17.4 dirilis ke pengguna UE pada Maret mendatang, pengguna hanya bisa mengakses situs web secara cepat melalui fitur bookmark. Menurut Apple, pembuatan bookmark merupakan cara terbaik untuk mengakses situs secara efisien.