Google Akhirnya Kasih <i>Update</i> Layanan untuk Pengguna iOS
Ilustrasi YouTube (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Google memperbarui aplikasinya untuk perangkat iOS. Terutama layanan YouTube yang mengalami beberapa masalah bug, sejak update terakhirnya pada Desember tahun lalu. 

Spekulasi yang beredar menyebutkan kalau Google tak memperbarui aplikasi di iOS terkait aturan privasi baru yang diterapkan Apple. Meski Google sudah menepis tudingan ini, dengan menggulirkan update terbaru berisikan perbaikan bug bagi pengguna aplikasi Google di perangkat iOS.

Mengutip The Verge, Google menyebutkan mereka telah memberikan label privasi pada aplikasinya saat merilis pembaruan untuk aplikasi seperti Gmail, Docs, Search, Photos, dan sebagainya. 

"Saat nanti aplikasi Google di iOS diperbarui dengan fitur baru atau perbaikan bug, anda akan melihat pembaruan pada laman aplikasi kami yang dilengkapi App Privacy Details yang baru," tulis Google.

Label ini mewakili kategori data maksimum yang akan dihimpun aplikasi, saat pengguna menggunakan setiap fitur dan layanan yang tersedia di aplikasi.

Google menyebut bahwa data yang disediakan pengguna kepada produk google akan digunakan untuk menyuguhkan layanan berguna bagi pengguna, dan pengguna selalu dapat mengendalikan pengaturan privasi mereka dengan mengunjungi Google Account atau secara langsung mengakses produk Google yang digunakan di iOS.

Seperti diketahui, Apple mewajibkan pembuat aplikasi untuk memberikan label privasi pada aplikasi buatannya. Aturan baru ini diterapkan pada 14 Desember lalu, sebelum Google sempat memperbarui aplikasi iOS-nya.

Dalam aturan tersebut Apple juga mewajibkan pembuat aplikasi untuk mengungkap seberapa banyak data pengguna yang dikumpulkan, dan bagaimana mereka mengatur data tersebut.

Sejumlah layanan dan aplikasi buatan Google seperti Stadia, Authenticator, Translate, dan Classroom saat ini harus mendapat pembaruan di iOS. Namun untuk aplikasi utamanya, Google belum menggulirkan update untuk aplikasi Gmail, Search, Docs dan Photos versi iOS.

Bahkan sejumlah pengguna iOS sudah mendapat notifikasi yang menyebut aplikasi mereka sudah ketinggalan karena tak mendapat pembaruan dalam dua bulan terakhir. Pesan tersebut memang saat ini sudah dihapus oleh Google, namun mereka tetap belum memberikan pembaruan aplikasinya. 

Sejauh ini, Google memang belum terlihat menggulirkan pembaruan layanan secara menyeluruh. Indikasi terbaru mengatakan, jika Google sedang mempersiapkan versi akhir dari Android 12 yang akan dirilis akhir tahun 2021 ini. 

Informasi yang beredar menyebut bahwa versi pratinjau atau preview dari sistem operasi terbaru Google ini pada akhir bulan Februari mendatang. Jadi bisa dikatakan Google akan menggulirkan pembaruan secara menyeluruh ketika Android 12 resmi dirilis.