Clubhouse Medsos Eksklusif yang Baru Tersedia di iPhone
Aplikasi Clubhouse (Mahesa/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Popularitas aplikasi Clubhouse semakin meroket setelah manusia terkaya di dunia, Elon Musk. Tidak hanya Elon Musk, ada juga Mark Zuckerberg yang turut meramaikan aplikasi tersebut. 

Aplikasi yang muncul pada April 2020 ini merupakan buatan Paul Davison dan Rohan Seth. Davison pernah bekerja di Google, sedangkan Seth mantan karyawan Alpha Exploration, sebuah perusahaan yang fokus pada layanan telekonferensi selayaknya Zoom.

Topik Diskusi yang Beragam

Clubhouse muncul di saat pandemi melanda dunia. Aplikasi ini menghadirkan layanan audio saja. Pengguna hanya bisa mendengar obrolan, wawancara, dan diskusi dengan beragam topik pembicaraan.

Ketika pertama kali masuk ke dalam aplikasi Clubhouse, pengguna dapat memilih berbagai topik yang ingin didengar di dalam ruang obrolan bernama club. Pengguna juga bisa memilih narasumber yang direkomendasikan dalam aplikasi.

Konsep Clubhouse sendiri lebih menyerupai podcast dan konferensi, di mana berbagai pembicara dari berbagai bidang ilmu hadir untuk membicarakan topik-topik yang menarik di masa sekarang. Jika acara sudah selesai, maka ruang percakapan akan hilang dengan sendirinya.

Belum Ada Versi Android

Clubhouse tidak seperti aplikasi media sosial lain yang memungkinkan berbagai orang bisa masuk dan membuat akunnya masing-masing. Clubhouse lebih selektif, sehingga tidak semua orang bisa menggunakan aplikasi ini.

Di sisi lain, aplikasi ini juga hanya tersedia di App Store. Artinya, Clubhouse hanya bisa diakses oleh pengguna iOS. Kemungkinan aplikasi Clubhouse juga bakal tersedia untuk pengguna Android.

Selain itu, rata-rata pengguna aplikasi Clubhouse adalah orang-orang terkenal dan selebritis papan atas. Pengguna tidak bisa sembarangan mengundang orang. Mereka yang menggunakan aplikasi ini hanya bisa mengirimkan undangan secara terbatas, yaitu 2 undangan.

Untuk membuat akun dalam aplikasi ini, calon pengguna harus menunggu pemberitahuan undangan dari Clubhouse. Jadi, pengguna aplikasi ini bukanlah orang-orang sembarangan.

Jangan heran, jika ada teman atau kerabat yang sudah mengunduh aplikasi Clubhouse tapi tidak bisa membuat akun. Nama-nama selebritis papan atas yang memiliki akun dalam aplikasi ini di antaranya adalah Jared Leto, Kevin Hart, rapper Drake.