Elon Musk: Bitcoin Adalah Hal yang Baik dan Saya Pendukungnya
Elon Musk (Economic Times)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini Tesla dikabarkan melakukan pembelian bitcoin senilai puluhan juta dolar AS. Pembelian tersebut merupakan pembelian fantastis. Informasi tersebut terdapat dalam surat pengajuan yang diberikan kepada Komite Sekuritas dan Bursa (SEC) AS.

Melansir CNBC International, Tesla menyatakan bahwa tindakan ini ditujukan untuk mempermudah diversifikasi dan mengutamakan pengembalian dalam bentuk uang tunai. Perusahaan mobil listrik milik Elon Musk ini juga memperkenankan pemilik bitcoin untuk membeli mobil Tesla.

Ini artinya, Tesla merupakan pabrikan mobil pertama di dunia yang memperbolehkan pembelian dengan menggunakan mata uang kripto. Walaupun demikian, pihak Tesla menegaskan bahwa transaksi hanya bisa dilakukan secara terbatas sambil tetap mematuhi hukum yang berlaku.

Beberapa waktu lalu, Elon Musk menuliskan tagar #bitcoin di bio akun Twitternya. Hal ini kemudian mengakibatkan harga bitcoin meroket tajam hingga mencapai 20 persen.

“Pada saat ini, saya berpikir bahwa bitcoin adalah hal yang baik dan saya adalah pendukungnya,” kata Musk dalam sebuah acara yang dilangsungkan di aplikasi Clubhouse.

Keputusan Tesla untuk melakukan investasi ke mata uang kripto merupakan representasi baru terkait peralihan dari uang tunai ke mata uang kripto (cryptocurrency). Tercatat, Tesla telah mempunyai 19 miliar dolar Amerika Serikat uang tunai pada penghujung tahun lalu.

Tak pelak lagi, tindakan Tesla ini menjadikan bitcoin meroket 12 persen pada Senin, 8 Februari. Pembelian ini mencetak rekor baru transaksi di atas 44.000 dolar AS.

Sebagaian pengamat menanggapi tindakan Tesla. Mereka beranggapan bahwa hal tersebut merupakan kabar baik untuk perkembangan asset digital. Hal ini memperkukuh kepercayaan orang kepada bitcoin.

Namun, mereka juga menambahkan bahwa perkembangan tren mata uang kripto tidak stabil. Kenaikan yang terjadi dianggap sebagai imbas dari permainan spekulasi media.

“Bagaimanapun, Tesla mungkin akan menjadi contoh bagi perusahaan besar lainnya dan ini dapat memperkuat bitcoin di masa depan,” ujar ahli strategi Natixis dari Prancis sebagaimana yang dikutip dari Reuters.

Pendapat berbeda diungkapkan oleh Manajer Portofolio Senior dari Dakota Wealth Management Amerika Serikat, Robert Pavlik. Ia meyakini bahwa tindakan Tesla akan menaikkan posisi Tesla.

“Jika Anda tertarik pada kendaraan listrik dan tertarik pada Elon Musk, maka terima bitcoin,” ujar Pavlik.