Gara-Gara Elon Musk, Harga Aset Dogecoin Meroket
Mata uang digital Dogecoin (dok. Coindesk)

Bagikan:

JAKARTA - Harga aset kripto Dogecoin (Doge) meningkat drastis dalam kurun waktu setahun terakhir. Hal itu dipicu kicauan CEO SpaceX Elon Musk yang secara blak-blakan menanam investasi crytocurrency di Dogecoin. 

Alhasil nilai tukar Doge naik drastis mencapai 150 persen selama beberapa pekan terakhir. Meski kenaikan aset kriptp tidak terlalu tinggi, kini harga Doge pada Januari 2021 menjadi Rp194/coin atau naik 59 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya. 

"Elon Musk menyatakan Doge adalah aset kripto favoritnya di Twitter. Orang-orang melihat itu kemudian mereka membeli Doge. Karena permintaannya masif, tentu berpengaruh terhadap harganya," kata CEO Indodax Oscar Darmawan dalam 

Dogecoin sendiri merupakan salah satu aset kripto yang diperdagangkan di market dunia, termasuk di Indonesia. Di Coinmarketcap, rating Dogecoin berada di urutan ke-26 dengan market cap Dogecoin sendiri mencapai 1,27 miliar dolar AS.

Namun, kenaikan harga Doge bukan hanya karena faktor Elon Musk saja, tetapi juga didorong meningkatnya harga Bitcoin. Perlu dicatat, Doge merupakan salah satu jenis alternatif coin yang merupakan turunan dari teknologi Bitcoin.  

Dogecoin sendiri awal penciptaannya dari sebuah candaan pada komunitas kripto dengan membuat mata uang crypto dengan icon logo Anjing Shiba Inu yang akhirnya sekarang menjadi sebuah komunitas crypto besar. Dogecoin juga sering dikenal sebagai sebuah mata uang digital "bersahabat" karena alasan yang baik. 

Setelah sukses, Dogecoin juga menjadi dikenal karena donasi amal dan berbagai macam kegiatan positif lainnya. Dengan meningkatnya harga Doge ini menandakan bahwa aset kripto atau cryptocurrency bukan hanya Bitcoin saja yang menunjukkan performa fantastis.

"Bitcoin memang rajanya aset kripto tetapi setiap kenaikan Bitcoin selalu mendorong kenaikan seluruh aset kripto lainnya bukan hanya Bitcoin saja cuma kenaikan setiap aset kripto berbeda-beda ada yang dua digit hingga tiga digit tetapi juga tidak bisa dibantah beberapa aset kripto justru malah terjun bebas. Masa kenaikan harga kripto yang masif ini membuat banyak orang kaya mendadak setelah mengoleksi aset kripto," tegasnya.

Di Indonesia sendiri transaksi jual beli Dogecoin banyak dilakukan melalui website Bitcoin.co.id maupun Indodax.com dan tercatat dalam beberapa hari terakhir transaksi Dogecoin melebihi volume Rp100 miliar seharinya dan menjadi salah satu aset crypto terfavorit yang dibeli komunitas trader crypto di Indonesia.