Google Tunjukkan Cara Ubah iPhone Jadi Ponsel Rasa Android
Google bisa membuat pengguna iOS menggunakan layanan mereka. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak lama iOS dan Android telah menjadi pesaing yang ketat di dunia perangkat pintar. Tetapi bagaimana jadinya jika pengguna iPhone dapat merasakan juga menggunakan perangkat Android Google?

Google menyadari bahwa mereka tidak bisa memaksa semua orang untuk menggunakan perangkatnya. Itulah sebabnya Google juga membutuhkan banyak upaya dengan mengembangkan aplikasi untuk pengguna iOS.

Meski perusahaan tidak bisa membuat mereka menggunakan Android, setidaknya Google bisa membuat pengguna iOS menggunakan layanan mereka, seperti dikutip dari Ubergizmo, Rabu, 29 September.

Dalam unggahannya di blog resmi Google, mereka merinci aplikasi yang tersedia untuk iOS dan juga cara mengubah iPhone menjadi ponsel Google melalui penggunaan widget yang ditempatkan secara strategis di beranda. Aplikasi itu juga dapat mereka unduh dari App Store.

Kemampuan itu hadir di mulai dari iOS 14, di mana Apple akhirnya mengizinkan pengguna untuk menempatkan widget di layar beranda mereka. Nantinya, tampilan widget juga akan berisi penelusuran web, mengawasi perjalanan pengguna, meninjau olahraga terbaru, dan mendengarkan daftar putar favorit sekaligus dengan widget Google app, Google Maps, Google Fit, dan YouTube Music. Pengguna juga dapat menyematkan Google Calendar, Gmail, dan Google Drive di widget, dan aplikasi lain yang diperlukan untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Jika lebih suka menjaga layar beranda bersih dari aplikasi, pengguna bisa mencoba Smart Stacks, ini akan membantu pengguna mengatur layar beranda dengan lebih baik dan menyiapkan aplikasi Google favorit pengguna. Smart Stacks memungkinkan pengguna menumpuk widget dengan ukuran yang sama di satu folder.

Sebagai catatan, salah satu keuntungan memiliki Android di iOS adalah dapat mengatur aplikasi default untuk berbagai layanan, termasuk musik, penelusuran web, perpesanan, dan banyak lagi. Pengguna dapat mengatasi batasan Apple dalam banyak kasus.

Misalnya, ketika pengguna mengeklik URL di suatu aplikasi, URL itu secara otomatis terbuka di Safari, tetapi aplikasi Google (dan banyak pengembang pihak ketiga lainnya) telah menemukan cara untuk mengatasinya.

Pengembang seperti Google telah lama membuat widget untuk aplikasi iOS yang memudahkan pengguna untuk mengakses di layar beranda itu sendiri. Jadi sekarang, Anda bisa mendapatkan keduanya dalam satu ponsel sekaligus. Antarmuka Apple yang luar biasa ditambah dengan aplikasi terbaik Google. Membuat iPhone Anda menjadi ponsel Google.