<i>Whale</i> Bitcoin Transfer 616 BTC ke <i>Wallet</i> Lain Setelah 9 Tahun Tertidur
Whale Bitcoin transfer ratusan BTC (beincrypto)

Bagikan:

JAKARTA – Pemilik Bitcoin (BTC) dalam jumlah banyak, biasa disebut whale atau paus dilaporkan mengirim ratusan Bitcoin ke wallet lain. Informasi tersebut disampaikan akun Twitter @whale_alert pada pekan lalu. Akun @whale_alert kerap mengabarkan transfer Bitcoin dalam jumlah banyak.

Akun tersebut melaporkan pengiriman Bitcoin sebanyak 616 BTC ke tempat penyimpanan lain. Hingga kini belum diketahui siapa pemilik Bitcoin dalam jumlah banyak tersebut.

Pasalnya, wallet yang berisi ratusan Bitcoin itu dikabarkan terakhir kali aktif pada tahun 2012 lalu. Di tahun yang sama ketika penemu Bitcoin Satoshi Nakamoto terakhir muncul di dunia maya.

Pengiriman ratusan Bitcoin itu menuai spekulasi dari berbagai kalangan, termasuk mengaitkannya dengan pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto. Meski demikian, rumor keterkaitan dengan Nakamoto belum bisa dipastikan. Tentunya, nilai Bitcoin pada tahun 2012 sudah meningkat di tahun 2021 ini.

Pada tahun 2012, total 616 Bitcoin tersebut sekitar 7.000 hingga 8.000 dolar AS (setara Rp100 jutaan hingga Rp114 jutaan). Saat berita ini ditulis, harga Bitcoin berada di level Rp600.492.302 per koinnya berdasarkan laporan dari CoinMarketCap.

Kejadian ini bukanlah yang pertama terjadi, pemilik Bitcoin dalam jumlah banyak dan sudah bertahun-tahun tidak aktif mulai aktif lagi. Pada bulan November 2020 lalu, telah diketahui seseorang memindahkan Bitcoin yang setara 1 miliar dolar AS (Rp14,2 triliun) sebagaimana laporan dari The Independent.

Sebenarnya, transaksi Bitcoin bisa dilacak di sejumlah laman web, salah satunya blockchain.com. Meski aktivitas pemindahan aset Bitcoin bisa diketahui, namun pemiliknya tetap tidak bisa diketahui.