Cardano Bikin Stablecoin Bernama Djed, Akan Diterbitkan oleh COTI
Cardano siap hadirkan stablecoin Djed melalui COTI (Cardano)

Bagikan:

JAKARTA – Baru-baru ini founder Cardano (ADA) Charles Hoskinson mengungkapkan bahwa pihaknya akan menghadirkan stablecoin untuk pengembangan ekosistem Cardano. Hal tersebut disampaikan oleh Hoskinson dalam acara pertemuan Cardano Summit 2021 yang digelar pada tanggal 25-26 September kemarin.

Rencananya Djed akan diterbitkan oleh ekosistem keuangan di blockchain yang bernama COTI. Dia juga menambahkan bahwa COTI bakal menjadi penerbit resmi koin stabil baru itu.

Melansir DailyHodl, protokol stablecoin Djed didasarkan pada desain algoritmik yang memanfaatkan smart contract guna memastikan harganya tetap stabil. Pemrograman smart contract juga akan digunakan untuk memastikan stablecoin bekerja dengan efektif dalam transaksi keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Stablecoin Djed akan berfungsi seperti USDT, USDC, maupun BUSD yang memiliki harga stabil. Kemungkinan Djed bakal dijadikan sebagai alat tukar dalam platform pertukaran Cardano, Cardax yang kemunculannya sudah dirumorkan beberapa waktu lalu.

Menurut Shahaf Bar-Geffen selaku CEO COTI Group, mengatakan bahwa ekosistem stablecoin kian matang dan koin stabil itu bakal berfungsi sebagai alat transaksi sehari-hari. Dia juga menilai bahwa stablecoin Djed yang ditambahkan ke dalam blockchain Cardano akan meningkatkan transaksi dalam platform.

“Ekosistem stablecoin telah sangat matang selama beberapa tahun terakhir. Peserta Blockchain menggunakan stablecoin untuk terlibat dalam transaksi sehari-hari karena mereka memungkinkan pertukaran nilai uang dengan cara yang mulus – terlepas dari lokasi pengirim dan penerima. Saya percaya bahwa menambahkan stablecoin berbasis Djed ke blockchain Cardano akan secara signifikan meningkatkan bagaimana transaksi diselesaikan di platform,” ungkap Bar-Geffen.

Merespon tanggapan positif tersebut, Charles Hoskinson meyakini bahwa Djed bakal bisa mengubah permainan dalam semesta kripto.

“Stablecoin Djed bisa menjadi pengubah permainan di ruang crypto, menarik bagi audiens yang sama sekali baru pada saat industri sudah mengalami pertumbuhan astronomis. Djed berbagi komitmen kami untuk verifikasi formal, membuktikan metode yang kuat untuk memerangi volatilitas harga pasar kripto. COTI telah lama menjadi mitra ekosistem Cardano. Sangat menyenangkan memiliki mereka dalam upaya baru ini,” kata Hoskinson.

Sebagai informasi COTI merupakan sebuah ekosistem keuangan dalam blockchain yang sepenuhnya dirancang untuk memenuhi permasalahan keuangan terpusat seperti biaya, latensi, inklusi, dan risiko global. Mereka juga berfokus pada permasalahan yang terjadi di lingkungan DeFi yang meliputi biaya, penyumbatan, dan kompleksitasnya.

Oleh karena itu COTI memperkenalkan DAG protokol dan infrastruktur dasar yang efisien, cepat, inklusif, berbiaya rendah untuk transaksi dalam sistem keuangan.