Cardano Umumkan <i>Stablecoin</i> Djed Bakal Meluncur Minggu Depan
Cardano segera luncurkan stablecoin Djed. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Stablecoin anyar milik Cardano yang bernama Djed dijadwalkan untuk meluncur dalam waktu dekat. Pihak Cardano bekerja sama dengan perusahaan pembayaran COTI dalam pengembangan Djed.

Dalam sebuah posting blog baru, perusahaan pembayaran COTI menyatakan bahwa Djed, stablecoin baru Cardano, dijadwalkan akan diluncurkan minggu depan. Menurut pengembangnya, satu-satunya hal yang menghalangi peluncuran Djed adalah proses sinkronisasi indeks rantai, yang sudah hampir selesai.

Pihak pengembang berharap dapat menyelesaikan proses tersebut dan siap untuk meluncurkan stablecoin baru ini dalam waktu dekat. Namun, saat ini belum ada tanggal pasti yang diberikan untuk peluncuran stablecoin tersebut.

"Kami telah memulai proses sinkronisasi indeks rantai. Proses ini dapat memakan waktu 14 hari, dan karena kami memulai sinkronisasi seminggu yang lalu, kami berharap dapat menyelesaikannya minggu depan dan siap untuk diluncurkan. Saat ini, ini adalah satu-satunya hambatan teknis yang menghambat peluncuran," tulis Djed dalam postingan blognya.

Dilansir DailyHodl, pada bulan lalu, COTI mengumumkan bahwa Djed telah beralih ke jaringan multi-chain yang sekarang mendukung jaringan pembayaran pribadi. Diumumkan juga bahwa biaya setoran Djed akan berkurang 50 persen karena beralih dari harga penarikan tetap ke sistem dinamis.

COTI mengatakan bahwa perubahan ini akan membantu adopsi yang lebih luas untuk menerima aset kripto sebagai pembayaran barang dan jasa.

"Peluncuran ini menandakan langkah besar bagi industri kripto, dan juga COTI, karena [peningkatan] ini akan meningkatkan pertumbuhan adopsi pembayaran kripto secara luas untuk perusahaan yang belum mengadopsi solusi pembayaran kripto," tulis pihak COTI.

Perkiraan tanggal peluncuran proyek Djed telah terungkap setelah Input Output Hong Kong (IOHK), pengembang dari blockchain Cardano, mengumumkan sejumlah proyek baru yang akan dikembangkan di atas jaringan tersebut. Proyek-proyek tersebut meliputi pasar NFT (non-fungible token), metaverse, dan platform pertukaran terdesentralisasi (DEX).

Selain itu, IOHK juga mengungkapkan bakal ada dompet kripto yang akan dikembangkan di atas blockchain Cardano, yang akan memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengirim, dan menerima kripto dengan aman. IOHK belum memberikan tanggal pasti untuk peluncuran proyek Djed dan proyek-proyek lainnya.