Stablecoin Djed Cardano Mau Meluncur, Ini Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui!
Stablecoin Djed milik Cardano. (Foto; Dok. CNBCTV18)

Bagikan:

JAKARTA – Setelah menunggu beberapa waktu, Stablecoin Djed akhirnya diluncurkan pada bulan Januari setelah pengumumannya dikonfirmasi melalui Twitter. Stablecoin baru ini ditujukan untuk memberikan stabilitas dan imbalan bagi pemegang SHEN melalui struktur overcollateralized dan sistem alokasi biaya.

Djed didukung oleh Shen Reserve Coin (SHEN), yang digambarkan oleh pengembang Cardano Input Output Global (IOG) sebagai "mekanisme unik" yang akan mempertahankan peg yang stabil bagi stablecoin dan memberikan insentif bagi pemegang token jangka panjang. Dengan memegang SHEN, pengguna akan dapat memperoleh bagian dari biaya transaksi pada pool cadangan setelah mengumpulkan biaya pencetakan dan pembakaran untuk DJED dan SHEN.

Pengguna akan dapat memperoleh keuntungan dari fluktuasi harga jangka pendek hingga menengah, karena rasio cadangan DJED dirancang untuk tetap dijamin dengan cadangan yang cukup dalam kontrak meskipun harga ADA menurun. Semua pemegang SHEN akan menerima hadiah delegasi dan tidak ada perbedaan antara mereka yang mencetak SHEN di platform DJED dan mereka yang membelinya dari DEX/CEX.

Menurut Tomer Menuchin, manajer pengembangan bisnis COTI dan peneliti Defi, SHEN memiliki insentif untuk membuat ekosistem Cardano overcollateralized antara 400 persen hingga 800 persen. Pemegang SHEN memberikan likuiditas ke pool cadangan dalam bentuk ADA dengan mencetak SHEN di platform. Setiap kali SHEN atau DJED dicetak atau dibakar (burn) oleh pengguna di platform, biaya terkait didistribusikan kepada pemegang SHEN sebagai hadiah dan diproyeksikan juga akan menerima hadiah ADA dari pool cadangan.

Cardano mengklaim Stablecoin Djed yang dipatok ke dolar itu akan memiliki berbagai kasus penggunaan, termasuk perbankan alternatif, pinjaman, dan pengiriman uang. Ini akan diintegrasikan di seluruh ekosistem Cardano, termasuk pasar DEX dan NFT. Pada akhirnya, Djed akan menjadi token untuk membayar biaya gas Cardano, memberikan biaya transaksi yang terukur.

Staking SHEN

Cardano, mengumumkan rencananya untuk mempertaruhkan (staking) token SHEN dan ADA yang disimpan dalam cadangan mereka untuk mencetak SHEN dan mengalokasikannya ke pool staking publik yang dikelola oleh Wave Financial.

Dengan meluncurkan Djed 1.1.1, pihak Djed sudah mempersiapkan hadiah bagi pemegang token SHEN. Penghitungan hadiah delegasi akan dilakukan berdasarkan snapshot yang diambil pada periode tertentu dan akan dibagikan secara otomatis kepada pemegang SHEN yang memenuhi syarat setiap 20 hari. Mereka dapat melacak status dan jumlah hadiah melalui situs djed.xyz.

Untuk menjamin kesuksesan platform, Djed mengungkapkan fokus mereka untuk meningkatkan likuiditas dengan memfokuskan pada transaksi substansial dan mengurangi kemacetan pada saat peluncuran. Oleh karena itu, minimum transaksi yang diterapkan akan menjadi 5.000 DJED / 5.000 SHEN untuk pencetakan dan 1.000 DJED / 2.500 SHEN untuk pembakaran atau burning token sebagaimana dilansir DailyCoin.