Bagikan:

JAKARTA – Saat menggelar Huawei Developer Conference (HDC) 2023 pada akhir tahun lalu, Huawei mengumumkan bahwa mereka akan beralih ke sistem operasi HarmonyOS NEXT yang lepas dari Android.

Belum lama ini, dikutip dari 9to5google, Huawei mengatakan bahwa mereka akan menggunakan HarmonyOS NEXT sepenuhnya sehingga dukungan aplikasi Android akan hilang. Ini menunjukkan bahwa Huawei akan lepas sepenuhnya dari Android.

Sejak HarmonyOS NEXT diperkenalkan, sebenarnya Huawei terus mendesak para pengembang untuk membuat versi aplikasi mereka di sistem operasi tersebut. Pasalnya, pengembang harus menggunakan format aplikasi baru yang kompatibel.

Tak hanya itu, Huawei juga akan menyingkirkan basis kode Android Source Project (AOSP) di sistem operasi terbarunya. Berdasarkan laporan GizmoChina, Huawei ingin menggunakan arsitektur yang sepenuhnya independen dan lepas dari Android.

Dengan membuang AOSP, HarmonyOS NEXT diklaim mengalami peningkatan kinerja hingga 30 persen dan penurunan konsumsi daya hingga 20 persen. Huawei juga berencana menggunakan Huawei Intelligence yang menghadirkan fitur-fitur Kecerdasan Buatan (AI).

Berbagai fitur yang akan ditambahkan ke Huawei Intelligence adalah pembuatan gambar, perbaikan suara, deskripsi gambar ke audio bagi para pengguna tunanetra, kemampuan aplikasi pihak ketiga dalam memanfaatkan AI, dan lainnya.

Meski kehadiran HarmonyOS NEXT sudah disinggung sejak tahun lalu, Huawei belum mengungkapkan tanggal peluncurannya. Saat ini HarmonyOS NEXT sudah tersedia dalam pengujian beta sehingga sistem operasinya mungkin dirilis pada kuartal keempat tahun ini.