Ini Delapan Fakta Tentang  HarmonyOS 2.0, yang Perlu Diketahui
Butuh pembuktian yang cukup panjang bagi HarmonyOS untuk bisa menggantikan Android. (foto: dok. huawei)

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa teknologi dari China, Huawei, baru-baru ini merilis HarmonyOS 2.0 untuk perangkat Huawei, yang diyakini akan menjadi pesaing serius bagi. HarmonyOS adalah sistem operasi global yang menawarkan komunikasi lintas perangkat dan menjanjikan banyak fitur untuk kinerja dan keamanan.

Ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang sistem operasi terbaru Huawei dan masa depannya.

1. Apa itu HarmonyOS?

HarmonyOS, juga dikenal sebagai HongmengOS di China, adalah sistem operasi internal Huawei yang telah dikembangkan sejak 2012.

Kini Huawei bukan hanya produsen ponsel. Mereka sudah menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia. Sistem operasi yang mereka bangun telah menyatukan semua perangkatnya seperti peralatan rumah pintar, TV, jam tangan pintar, tablet, dan ponsel akan sangat bermanfaat.

Pada 2019, pemerintah AS menjatuhkan sanksi pada perusahaan teknologi China, yang mengakibatkan perangkat Huawei kehilangan dukungan layanan perangkat lunak penting AS seperti yang ditawarkan oleh Google.

Sebagai pembalasan, Huawei mempercepat pengembangan sistem operasi milik mereka dan meluncurkan HarmonyOS 2.0, sebuah sistem operasi yang akan menyatukan perangkat mereka dan menyediakan kemampuan lintas fungsi tanpa memerlukan layanan lain tersebut.

2. Kapan HarmonyOS Akan Dirilis?

HarmonyOS pertama kali dirilis untuk perangkat tertentu pada tahun 2019, dengan fokus pada smart TV, perangkat IoT, sistem hiburan dalam mobil, dan lainnya.

Huawei meluncurkan HarmonyOS 2.0 dalam Konferensi Pengembang Huawei pada tahun 2020, dengan tujuan bisa meluncurkan HarmonyOS 2.0 pada tahun 2021. Kemudian secara resmi diluncurkan dengan perangkat smartphone dan jam tangan pintar Huawei baru pada Juni 2021.

3. Ponsel Mana yang Memiliki HarmonyOS?

Saat ini, Huawei telah mengumumkan dukungan HarmonyOS 2.0 untuk ponsel dengan RAM hingga 4GB. Pada akhir tahun 2021, kita dapat mengharapkan HarmonyOS 2.0 menjadi perangkat yang kompatibel dengan RAM lebih dari 4GB, membuka jalan bagi produsen smartphone lain untuk mempertimbangkan HarmonyOS 2.0 daripada Android.

Publik masih menunggu detail lengkap tentang semua perangkat yang akan menjalankan sistem operasi, smartphone Huawei seperti Mate 40, P40, Mate 30, dan lainnya akan secara otomatis menerima pembaruan HarmonyOS 2.0.

4. Bagaimana Mendapatkan HarmonyOS?

Jika Anda memiliki ponsel Huawei yang kompatibel, Anda dapat mengunduh HarmonyOS 2.0 melalui aplikasi My Huawei. Anda kemudian dapat mengikuti petunjuk di layar untuk mengunduh pembaruan HarmonyOS 2.0. Namun prosesnya tidak semudah itu. Pasalnya Anda tidak bisa mendapatkan perangkat lunak pada perangkat yang tidak didukung secara resmi, atau pada ponsel dari produsen lain.

5. Apakah HarmonyOS Bagus?

HarmonyOS adalah fork Android, artinya pengembangannya didasarkan pada kode Android open source. Dengan demikian, itu harus menjadi sistem operasi yang sangat baik, dan bekerja dengan cara yang sangat akrab.

Tapi masih terlalu dini untuk menjatuhkan penilaian tentang OS ini. Hanya waktu yang akan membuktikan seberapa bagus HarmonyOS karena ini saat ini belum menjadi sistem operasi mainstream, dan ada banyak faktor yang berkontribusi, jadi kita hanya bisa menunggu dan melihat bagaimana hasilnya.

6. Bisakah HarmonyOS Menjalankan Aplikasi Android?

Ini adalah poin diskusi yang signifikan dan sering kali menjadi hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika memikirkan sistem operasi smartphone baru.

Menurut laporan yang dikonfirmasi dari Huawei, HarmonyOS akan memungkinkan pengguna untuk terus menggunakan aplikasi Android, sementara juga memungkinkan mereka untuk mengunduh dan menjalankan aplikasi HarmonyOS. Namun, itu tidak akan memiliki akses ke Play Store, karena itu dimiliki oleh Google. Harmony sendiri diklaim sudah memiliki lebih dari 134.000 aplikasi, dan lebih dari empat juta pengembang telah mendaftar untuk mendistribusikan aplikasi di platform.

7. Bisakah HarmonyOS Menggantikan Android?

Ya, itu bisa terjadi, di beberapa bagian dunia. Tetapi ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan karena Android adalah sistem operasi ponsel cerdas yang paling banyak digunakan, dan tidak akan mati tanpa perlawanan.

Selain itu, HarmonyOS saat ini hanya diluncurkan pada perangkat Huawei, sehingga masih belum jelas berapa banyak produsen smartphone yang akhirnya memilih HarmonyOS. Ini mungkin menjadi populer di Cina dan mungkin beberapa bagian lain di Asia, tetapi kecil kemungkinannya di Barat.

8. Akankah HarmonyOS Mendukung Layanan Google Play?

Anda masih dapat mengunduh aplikasi Android di HarmonyOS, tetapi aplikasi Google, seperti Gmail, Google Maps, dan YouTube, tidak akan berjalan di HarmonyOS. OS juga tidak akan dapat menggunakan Play Store, atau Layanan Google Play, yang menyatukan semua aplikasi Google—dan banyak layanan pihak ketiga juga.

Masihkah Anda tertarik untuk memakai OS ini, serta meninggalkan akun Google Anda, seperti Gmail, Google Maps dan Youtube?