HarmonyOS Next: Sistem Baru Huawei yang Lepas Sepenuhnya dari Android
Huawei sedang kembangkan HarmonyOS Next (foto: dok. Huawei)

Bagikan:

JAKARTA – Sejak tahun 2019, hubungan antara Huawei dan Android merenggang karena masalah perdagangan. Setelah akses keduanya terputus, Huawei mulai mengembangkan HarmonyOS.

Setelah bertahun-tahun mengembangkan HarmonyOS, sistem ini sebenarnya masih berkaitan dengan Android. Dari laporan 9to5google, Huawei tetap mempertahankan aplikasi yang dapat di-sideload ke Android.

Sekarang, Huawei akan benar-benar lepas dari Android dengan meluncurkan HarmonyOS Next. Perusahaan ini telah mengumumkan kehadiran sistem baru dalam acara konferensi developer Huawei pada awal tahun ini.

Kata next dalam sistem operasi terbaru mereka merupakan bukti bahwa Huawei akan lepas sepenuhnya dari Android. Mereka mengatakan bahwa HarmonyOS terbaru ini menjadi, “Versi murni dari sistem operasi HarmonyOS tanpa perpustakaan Android.”

Kita belum bisa memastikan apakah HarmonyOS Next akan benar-benar meninggalkan Android. Pasalnya, saat Huawei pertama kali merilis HarmonyOS, perusahaan bersikeras bahwa sistem mereka bukan Android, tetapi kedua sistem ini masih terlihat mirip.

Sejauh ini, belum ada informasi mengenai perilisan dari HarmonyOS Next. Namun, perusahaan memang tengah berupaya membuat seri asli dari HarmonyOS dengan merekrut banyak developer baru.

Sebagai informasi, Huawei adalah salah satu produsen ponsel berbasis Android di dunia sebelum hubungan keduanya merenggang. Android bahkan berhasil membangun bisnis yang besar di China karena ponsel Huawei.

Namun, pendapatan ini berkurang secara signifikan di China setelah larangan ditetapkan dan Huawei menyingkirkan Play Store di seluruh perangkat baru. Kini, Huawei telah mengoperasikan versi aplikasi dan perangkat lunak yang diklaim lepas dari Android.