Bagikan:

JAKARTA - Reddit  telah bermitra dengan OpenAI untuk menghadirkan kontennya ke chatbot populer ChatGPT. Hal itu mereka umumkan  pada  Kamis, 16 Mei. Kabar ini menyebabkan saham platform media sosial tersebut naik 12% dalam perdagangan setelah jam kerja.

Kesepakatan ini menegaskan upaya Reddit untuk mendiversifikasi pendapatan di luar bisnis iklannya. Sebelumnya, Reddit juga telah bermitra dengan Alphabet, pemilik Google, untuk membuat kontennya tersedia guna melatih model AI Google, Gemini.

ChatGPT dan produk OpenAI lainnya akan menggunakan antarmuka pemrograman aplikasi (API) Reddit untuk mendistribusikan konten Reddit, mengikuti kemitraan baru ini. Selain itu, OpenAI juga akan menjadi mitra periklanan Reddit.

Menjelang IPO Reddit pada bulan Maret, Reddit juga membuat kesepakatan dengan Alphabet senilai sekitar 60 juta dolar AS (Rp9,6 triliun) per tahun. Investor melihat penjualan data untuk melatih model AI sebagai sumber pendapatan kunci di luar bisnis iklan Reddit.

Awal bulan ini, perusahaan media sosial tersebut melaporkan pertumbuhan pendapatan yang kuat dan peningkatan profitabilitas dalam laporan pendapatan pertamanya sejak debut di pasar, menunjukkan bahwa kesepakatan dengan Google dan upaya untuk meningkatkan bisnis iklannya membuahkan hasil.

Saham Reddit naik 10,5% menjadi  62,31 dolar AS (Rp1.003.814) setelah penutupan. Sejak penutupan Rabu, 15 Mei saham ini telah naik hampir 12% sejak debut pasar pada bulan Maret.