Bagikan:

JAKARTA - OpenAI telah memutuskan untuk menonaktifkan integrasi Bing Search pada ChatGPT. Perusahaan menemukan beberapa pengguna memanfaatkan fitur untuk melewati konten berbayar.

Fitur yang dijuluki Browse with Bing itu, sering digunakan untuk membuat pengguna berlangganan ke suatu situs. Pengguna tanpa langganan situs dilarang mengakses informasi yang dipublikasikan.

Browse with Bing memang hanya tersedia untuk pelanggan ChatGPT Plus, tingkat premium dari chatbot yang sangat populer itu.

Seperti yang terlihat di komunitas r/ChatGPT di Reddit, beberapa pengguna telah menemukan cara baru untuk melewati permintaan berbayar ini dan mengakses informasi tanpa harus berlangganan.

Melihat hal itu, perusahaan segera menonaktifkan fitur Browse with Bing beta pada 3 Juli kemarin, “Kami telah mempelajari bahwa beta ChatGPT Browse terkadang menampilkan konten dengan cara yang tidak kami inginkan," ungkap OpenAI dalam akun Twitter resminya.

"Misalnya jika pengguna secara khusus meminta teks lengkap URL, itu mungkin secara tidak sengaja memenuhi permintaan ini. Kami menonaktifkan Browse sementara kami memperbaikinya — ingin melakukan yang benar oleh pemilik konten," imbuhnya.

Dalam tweet lanjutan, OpenAI mengatakan, "Inilah mengapa kami memulai dengan beta, kami telah menerima umpan balik yang sangat berharga, belajar banyak," ujarnya. Perusahaan mengklaim akan meluncurkan kembali fitur tersebut segera.

Diketahui, Microsoft sebagai pemilik Bing Search mengatakan pada acara Build 2023 akan membawa Bing ke ChatGPT untuk meningkatkan pengalaman pencariannya, seperti dikutip dari Windows Central, Rabu, 5 Juli.

Sebelumnya, ChatGPT bergantung pada model GPT-4 milik OpenAI juga, yang membatasi kemampuannya. Pasalnya, chatbot hanya bisa mengakses informasi hingga September 2021.