Bagikan:

JAKARTA - Gemini pekan ini memperkenalkan ekstensi ketujuh dari Data Commons, sebuah inisiatif Google yang bertujuan mengorganisasi "data publik yang tersedia di dunia dan membuatnya lebih mudah diakses dan berguna."

Sejak tahun 2017, tim Data Commons telah berusaha untuk menstandarisasi dan memproses ribuan set data dari sumber yang tersedia secara publik dan andal. Ini termasuk data dari Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa, Institut Geografi dan Statistik Brasil, dan Departemen Perdagangan Amerika Serikat, dengan lebih dari 200 sumber hingga saat ini.

Ada ribuan set data yang mencakup demografi, ekonomi, pendidikan, perumahan, kesehatan masyarakat, iklim, keberlanjutan, dan biomedis. Google mencatat bahwa "Data Commons tidak mengumpulkan atau memiliki data apa pun."

Pada September 2023, Google mulai menerapkan model bahasa besar (LLM) untuk memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan dengan cara yang alami. Namun:

"Hasilnya langsung berasal dari Data Commons, termasuk tautan ke sumber data asli; dengan demikian output tidak dihasilkan oleh LLM. Pendekatan ini memungkinkan Data Commons menghindari beberapa keterbatasan yang diketahui dari LLM terkait dengan keakuratan dalam beberapa kasus."

Anda sekarang dapat mengakses @Data Commons menggunakan Gemini. Ini secara khusus dapat "memvisualisasikan data tentang topik kompleks seperti perubahan iklim, pekerjaan, ekonomi, dan kesehatan." Sebagai contoh: "tunjukkan saya rincian jenis bisnis di Florida." Ini diumumkan pada bulan Mei sebagai bagian dari peluncuran lebih luas dari Gemini Education.

Ekstensi ini diaktifkan secara default, dan bergabung dengan Google Flights, Google Hotels, Google Maps, Google Workspace, YouTube, dan YouTube Music.

Berbicara tentang Ekstensi Gemini, Google membuatnya "tersedia dalam versi Beta untuk pelanggan tambahan Google Workspace Gemini" hari ini. Ini mencakup Gmail dan Drive, dengan Google mencatat bahwa "data Workspace tidak akan digunakan untuk melatih model publik Gemini."

Ekstensi baru ini membawa kemampuan visualisasi data yang kuat ke Gemini, memungkinkan pengguna untuk memahami dan menganalisis data dari berbagai sumber secara lebih mendalam dan efisien