Bagikan:

JAKARTA - Google meluncurkan Gemini 1.5 Pro kepada pelanggan Gemini Advanced dalam lebih dari 35 bahasa, dengan kemampuan yang diklaim lebih canggih dibandingkan model-model sebelumnya. 

Vice President and General Manager, Gemini Experiences and Google Assistant, Sissie Hsiao mengatakan  bahwa Gemini 1.5 Pro dilengkapi dengan lebih dari 1 juta jendela konteks token dan desain pengalaman percakapan baru. 

“Dengan jendela konteks sepanjang ini, Gemini Advanced dapat memahami beberapa dokumen panjang, yaitu hingga 1.500 halaman, atau meringkas 100 email,” jelas Sissie.

Bahkan, dalam waktu dekat, Gemini Advanced akan mampu menangani konten video sepanjang 1 jam atau rangkaian kode sepanjang lebih dari 30.000 baris.

Google juga menambahkan kemampuan untuk meng-upload file via Google Drive atau langsung dari perangkat Anda ke Gemini Advanced. Dengan demikian, Gemini akan memberikan jawaban atau ringkasan dari dokumen tersebut dengan cepat.

“Selain itu, dalam waktu dekat Gemini Advanced akan mampu berperan sebagai analis data, yaitu menarik kesimpulan dan membuat diagram serta visualisasi yang disesuaikan dari file data yang di-upload (seperti spreadsheet),” sambungnya.

Lebih menarik lagi, Gemini 1.5 Pro bisa memberikan jawaban dari soal Matematika beserta cara pengerjaannya. Jika Anda mengunduh foto makanan ke Gemini, alat AI Google ini bisa langsung memberikan Anda resep dari hidangan tersebut. 

“Dalam beberapa bulan lagi, kami juga akan meluncurkan Gemini Live bagi pelanggan Gemini Advanced. Dengan Gemini Live, Anda dapat berbicara kepada Gemini dan mendengarkan responsnya dalam suara yang fasih,” lanjut Sissie.

Tidak lupa, dalam waktu dekat, raksasa teknologi itu akan menghubungkan lebih banyak aplikasi Google ke Gemini, termasuk Google Kalender, Tasks, dan Keep.