Ketahui Chat Penting di WhatsApp Melalui Nada Dering, Begini Caranya
Ketahui Chat Penting di WhatsApp Melalui Nada Dering, Begini Caranya (Navbharat Times)

Bagikan:

YOGYAKARTA - WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia saat ini, tidak terkecuali Indonesia.

Beragam fitur gratis yang ditawarkan oleh WhatsApp membuat aplikasi yang pertama kali dirilis pada 2009 tersebut mengalami perkembangan pesat hingga sekarang.

Di dalam aplikasi WhatsApp, pengguna dapat mengirim pesan teks, pesan suara, dokumen, hingga panggilan suara maupun video call, melalui perangkat Anda.

Pengguna pun sering kali menggunakan WhatsApp untuk saling mengobrol melalui grup obrolan, maupun chat pribadi. Namun, terkadang pengguna mengabaikan pesan penting yang masuk akibat banyaknya obrolan yang Anda lakukan.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena WhatsApp menyediakan fitur yang dapat membuat pengguna mengetahui pesan penting yang masuk ke akun Anda.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur tersebut, di bawah ini tim VOI telah menyusun langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mempermudah pengguna mengetahui pesan penting yang masuk.

Cara Mengatur Nada Dering Chat Tertentu di WhatsApp

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui pesan WhatsApp yang masuk ke akun Anda merupakan pesan yang penting atau tidak adalah mengubah nada dering dari kontak di WhatsApp Anda, misalnya kontak atasan.

Untuk mengubahnya, pengguna dapat membuka aplikasi WhatsApp di smartphone Anda, kemudian klik menu Chat atau Obrolan. Setelah itu, pilih kontak penting yang ingin diubah nada deringnya. Tidak hanya kontak pribadi, pengguna juga bisa mengubah nada dering pemberitahuan dari grup obrolan.

Setelah menentukan kontak, gulir ke bawah dan klik menu Notifikasi Custom atau klik ikon notasi lagu, kemudian pilih opsi Gunakan Notifikasi Kustom, dan pilih kotak kosong yang terdapat di bagian sebelah kanan.

Akan muncul tanda centang di halaman WhatsApp Anda, kemudian pilih opsi Nada Notifikasi, dan pilih nada yang ingin Anda gunakan untuk membedakan setiap chat yang masuk dari kontak tersebut.

Setelah memilih nada dering, klik menu kembali. Nantinya, setiap chat yang masuk ke dalam akun Anda dari kontak yang telah Anda pilih akan memiliki notifikasi nada dering yang berbeda dengan lainnya.

Dengan demikian pengguna dapat segera membuka chat yang masuk ke smartphone Anda, jika nada dering tersebut berbunyi, atau tidak terburu-buru apabila nada dering berbunyi merupakan nada dering biasa.

Demikianlah cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui chat penting yang masuk ke WhatsApp Anda. Pengguna dapat mengaktifkan fitur tersebut untuk membedakan nada dering di kontak Anda.