Cara Melakukan <i>Factory Reset</i> di iOS 15 dengan Aman, Jangan Sampai Salah!
Cara Melakukan Factory Reset di iOS 15 dengan Aman, Jangan Sampai Salah! (DesignerVN)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Factory Reset atau mengembalikan setelan ponsel kembali ke setelan pabrik, merupakan langkah yang sering dilakukan oleh pengguna iPhone ketika ingin menjual perangkat mereka atau memperbaiki masalah software yang dialami ponsel mereka.

Dengan melakukan Factory Reset, maka seluruh pengaturan di iPhone Anda akan kembali ke pengaturan standar, seperti saat Anda pertama kali membeli iPhone tersebut.

Dengan demikian data pengguna akan dibersihkan secara menyeluruh dari ruang penyimpanan perangkat iPhone Anda, seperti data akun, aplikasi musik, gambar, dan data-data lainnya milik pengguna.

Hal tersebut untuk memastikan bahwa data Anda tidak akan diketahui oleh pemilik iPhone yang membeli perangkat Anda, atau jika Anda memperbaiki software, hal itu dapat memastikan data Anda aman.

Namun, jika Anda memiliki perangkat iPhone dengan sistem operasi iOS 15, ada sejumlah perbedaan saat ingin melakukan Factory Reset, dibanding dengan iOS versi sebelumnya.

Oleh karenanya, pengguna harus berhati-hati supaya tidak melakukan kesalahan. Untuk mempermudah pengguna, di bawah ini tim VOI telah menyusun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menyetel ulang iPhone Anda.

Cara Factory Reset iPhone iOS 15

Sebelum melakukan Factory Reset, pengguna disarankan untuk melakukan back up data terlebih dahulu, supaya data-data penting Anda tidak hilang.

Setelah itu, buka menu Pengaturan atau Setting di perangkat iOS 15 Anda, kemudian gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi General.

Pilih menu tersebut dan klik Transfer or Reset iPhone, untuk melakukan Factory Reset di perangkat Anda, kemudian pilih menu Erase All Content and Setting.

Ikuti perintah selanjutnya untuk melakukan Factory Reset, dan iPhone Anda secara otomatis akan disetel ulang ke pengaturan pabrik.

Cara tersebut lebih sederhana dibanding melakukan Factory Reset di iPhone 14 atau versi yang lebih lama. Namun, jika Anda melakukan kesalahan dalam tahap-tahap di atas, maka ponsel Anda bisa gagal melakukan Factory Reset.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas dan Factry Reset berhasil dilakukan, pengguna akan melihat tampilan welcome screen iOS, di layar smartphone Anda seperti saat pertama kali membeli perangkat tersebut.

Pengguna pun dapat menjual perangkat Anda kepada orang lain atau memperbaiki masalah software di perangkat iOS 15 Anda tanpa khawatir data Anda akan hilang atau digunakan orang lain.

Demikian adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan Factory Reset di perangkat iOS 15. Kendati lebih mudah, tetapi pengguna harus lebih berhati-hati supaya tidak melakukan kesalahan.