Bagikan:

YOGYAKARTA – Dari sekian banyak merk handphone (HP) Android, Vivo jadi salah satu brand yang sering digunakan oleh masyarakat. Beberapa ponsel Vivo kadang mengalami sejumlah kendala salah satunya adalah mentok di logo saat dinyalakan. Saat itu terjadi pada ponsel Vivo Anda, tak perlu panik karena ada cara mengatasi HP Vivo mentok logo.

Cara Mengatasi HP Vivo Mentok Logo

Ponsel yang mentok di logo brand saat dinyalakan bisa disebabkan karena berbagai kondisi, mulai dari kerusakan sistem operasi, aplikasi bermasalah, kegagalan proses update, dan sebagainya. Tiap masalah punya cara perbaikan yang berbeda-beda. Berikut ini cara perbaiki HP mentok logo sebelum dibawa ke tempat service.

  1. Restart HP

Langkah pertama yang paling sederhana adalah melakukan restart ponsel. Cara ini membantu memecahkan masalah pada ponsel mentok logo yang dikibatkan kegagalan booting saat sistem dinyalakan.

Cara restart HP Vivo sangat mudah, cukup tekan dan tahan tombol Power selama beberapa detik hingga HP mati. Setelah itu nyalakan lagi ponsel dan tunggu sesaat. Jika cara ini masih gagal Anda bisa melanjutkan cara yang kedua di bawah ini.

  1. Lakukan Wipe Cache Partition

Jika restart tidak berhasil, cobalah untuk membersihkan cache partisi sistem. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh sistem untuk mempercepat proses. Jika cache mengalami kerusakan atau memori penuh, maka bootloop bisa saja terjadi. Berikut ini cara mengatasi HP Android bootlop dengan wipe cache partition.

  • Matikan HP Vivo Anda
  • Tekan tombol Power dan Volume Up secara bersamaan untuk masuk ke Recovery Mode
  • Gunakan tombol volume untuk navigasi, pilih Wipe Cache Partition, lalu konfirmasi dengan tombol Power
  • Setelah selesai, pilih Reboot System Now.
  1. Lakukan Factory Reset

Jika cara sebelumnya tak membuat ponsel Anda normal, masih ada cara yang ketiga yakni Factory Reset. Cara ini akan mengembalikan ponsel Vivo ke pengaturan pabrik sekaligus menghapus seluruh data yang tersimpan di ponsel. Cara melakukan factory reset HP Vivo adalah sebagai berikut.

  • Matikan ponsel
  • Tekan tombol Power dan Volume Up untuk masuk ke Recovery Mode
  • Pilih Wipe Data/Factory Reset
  • Konfirmasi dengan tombol Power dan tunggu hingga proses selesai
  • Setelah itu, pilih Reboot System Now.
  1. Install Ulang Firmware (Flashing)

Jika factory reset masih tetap gagal, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menginstal ulang firmware atau flashing. Cara ini dilakukan untuk mengganti OS yang rusak dengan OS baru. Hanya saja untuk melakukan flashing HP Vivo butuh perangkat lain yakni komputer atau laptop, software khusus, dan firmware resmi Vivo sesuai model ponsel.

  1. Bawa ke Pusat Layanan Resmi

Jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil, Anda harus membawa ponsel Vivo yang bootloop ke pusat layanan resmi. Cara ini jadi langkah akhir agar ponsel bisa hidup seperti sedia kala.

 Itulah informasi terkait cara mengatasi HP Vivo mentok logo. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.