Cara Mengatasi HP Android Bootlop, Hapus <i>Cache Partition</i>
Cara Hapus Cache Partition untuk Mengatasi Bootloop di Smartphone Android (Nerds Chelk)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bootloop merupakan keadaan ketika ponsel tidak dapat masuk ke dalam sistem dan berhenti berproses. Kondisi tersebut banyak dialami oleh pengguna smartphone Android yang membuat smartphone tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Saat mengalami bootloop ponsel secara tiba-tiba mati, kemudian menyala lagi dan terjadi secara terus menerus atau melakukan restart secara berulang-ulang. Hal ini tentunya membuat pengguna menjadi kesal.

Bootloop bisanya disebabkan oleh gangguan sistem file yang membuat smartphone Anda berjalan tidak stabil. Adapun gangguan tersebut berasal dari file aplikasi, virus, malware, masalah instalasi dan sebagainya.

Smartphone yang mengalami bootloop biasanya menunjukkan logo Android atau merek ponsel secara berulang-ulang di tampilan layar smartphone Anda. Selain itu, ponsel juga sering mengalami proses rebooting.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tim VOI telah merangkum cara mudah untuk mengatasi bootloop di dalam artikel ini. Anda pun dapat mengikuti langkah-langkah mengatasinya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Bootloop di Smartphone Android

Cara paling mudah untuk mengatasi bootloop di smartphone Android adalah menonaktifkan ponsel terlebih dahulu, atau Anda dapat mematikannya secara paksa dengan mencabut baterai ponsel.

Selain itu, Anda juga dapat mencabut kartu SIM dan MicroSD yang ada di dalam smartphone Anda, jika Android Anda menggunakan baterai yang menyatu dengan ponsel.

Namun, jika 2 cara tersebut tidak berhasil Anda dapat menghapus cache partition yang ada di dalam smartphone Anda. Pengguna pun tidak perlu khawatir kehilangan data yang Anda miliki di dalam smartphone jika menggunakan metode ini.

Cara hapus "Cache Partition" pun sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke menu "Recovery Mode" dan pilih menu "Wipe Cache Partition".

Untuk melakukannya, pengguna dapat menekan tombol "Home", "Volume Up" dan "Power" secara bersamaan.

Setelah masuk ke menu "Wipe Cache Partition", Anda dapat memilih kolom "Yes" pada jendela yang muncul. Dengan demikian smartphone Anda akan mulai menghapus data cache yang menyebabkan bootloop.

Sebagai catatan, setiap smartphone memiliki metode cara yang berbeda untuk menemukan menu "Recovery Mode", tetapi pada umumnya, Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol "Home", "Volume Up", dan "Power" secara bersamaan.

Demikianlah cara mengatasi bootloop pada smartphone Android yang dapat Anda lakukan. Pengguna dapat menggunakan salah satu pilihan di atas, untuk membuat smartphone Anda kembali normal.