Bagikan:

JAKARTA - Notifikasi dalam sebuah aplikasi seperti Facebook menjadi salah satu fitur terpenting. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa tetap mengikuti kabar atau informasi terbaru.

Namun, bagaimana jadinya jika notifikasi pada Facebook tidak berfungsi? Hal ini tentu menjadi masalah. Jika notifikasi Anda tak berfungsi, maka Anda akan ketinggalan informasi dari teman-teman di akun Anda.

Ada beberapa cara untuk membuat notifikasi pada Facebook kembali berfungsi, baik pada iOS maupun Android. Berikut ini empat cara yang bisa Anda coba jika notifikasi Facebook Anda bermasalah, dilansir dari Makeuseof.

  1. Konektivitas bermasalah

Cara pertama yang Anda bisa lakukan adalah memastikan koneksi internet Anda. Bisa jadi koneksi Anda sedang buruk atau sedang berada di luar jangkauan Wi-Fi. Jadi, pastikan dulu Anda memiliki jaringan yang benar-benar baik atau Wi-Fi Anda sedang tidak bermasalah.

  1. Fitur Do Not Disturb (DND) atau Airplane menyala

Alasan berikutnya yang membuat notifikasi Facebook tidak muncul adalah DND atau Airplane mode. Jika Airplane mematikan konektivitas, kecuali Wi-Fi, DND membuat semua notifikasi hilang karena fitur ini menganggap Anda tak ingin diganggu. Jika salah satu fitur ini menyala, coba matikan dan periksa notifikasi Facebook Anda.

  1. Nyalakan Izin Notifikasi untuk Facebook

Peringatan notifikasi Anda mungkin tak muncul karena belum Anda nyalakan. Jika menggunakan iOS, Anda bisa menyalakan notifikasi ini dengan membuka Pengaturan dan navigasikan ke Facebook. Jika izin notifikasi mati, maka pilih Aktifkan Notifikasi agar aktif kembali.

Untuk Android, Anda bisa membuka Pengaturan dan pilih Aplikasi. Setelah itu, cari aplikasi Facebook dan pilih menu Notifikasi. Klik Tampilkan Notifikasi untuk mengaktifkan notifikasinya.

  1. Cek Pengaturan Notifikasi di Facebook

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengecek langsung aplikasi Anda. Pada perangkat iOS, Anda perlu membuka aplikasi dan pilih Menu. Setelah itu, klik Pengaturan & Privasi > Pengaturan. Klik menu Preferensi dan pilih Notifikasi, kemudian pastikan pilihan Bisukan Notifikasi Mati.

Pada Android, Anda perlu membuka gambar profil dan pilih Pengaturan & Privasi > Pengaturan. Setelah itu pilih Preferensi > Notifikasi dan pastikan opsi Bisukan Notifikasi tidak menyala.

Itu dia keempat cara yang bisa Anda lakukan jika tidak mendapatkan notifikasi di Facebook. Jangan lupa juga untuk terus mengunduh versi terbaru agar aplikasi Anda bisa berfungsi dengan baik.