Bagikan:

JAKARTA - Sekitar bulan November lalu, WhatsApp telah meluncurkan fitur Komunitas baru di platformnya, memungkinkan pengguna untuk saling terhubung dalam sebuah kelompok. 

Meskipun hampir sama dengan fitur grup di WhatsApp, ternyata Komunitas memiliki perbedaan dengan grup. Jika Anda ingin mengetahui perbedaannya, VOI telah merangkumnya di sini

Sekarang, kami akan membahas bagaimana cara menonaktifkan Komunitas di WhatsApp, dan apa yang akan terjadi jika Anda menonaktifkannya. Jika penasaran, lanjutkan membaca artikel ini. 

Cara Menonaktifkan Komunitas WhatsApp

  1. Buka WhatsApp di ponsel Anda. 
  2. Lalu buka tab Komunitas. 
  3. Ketuk Komunitas yang ingin Anda nonaktifkan.
  4. Gulir ke bawah dan ketuk Nonaktifkan Komunitas. 
  5. Konfirmasikan keputusan Anda dengan mengetuk Nonaktifkan. 
  6. Selesai. Sekarang Anda sudah berhasil menonaktifkan Komunitas WhatsApp Anda.

Apa yang Terjadi Saat Anda Menonaktifkan Komunitas WhatsApp

Setelah Anda menonaktifkan Komunitas, semua grup di dalamnya akan terputus dan Komunitas itu sendiri tidak akan muncul lagi di daftar Komunitas Anda.

Grup pengumuman (tempat admin dapat menjangkau anggota di berbagai grup) juga akan ditutup. 

Meski demikian, grup individual tidak akan terpengaruh dan masih dapat diakses secara normal bahkan setelah Komunitas dinonaktifkan.

Anda tidak dapat membatalkan penonaktifan setelah selesai. Namun, jika nanti Anda ingin mengaktifkan kembali Komunitas, Anda selalu dapat membuat Komunitas baru lagi dengan nama dan deskripsi yang sama.