WhatsApp Perbarui Fitur  <i>Last Seen </i>, Bisa Disembunyikan dari Kontak Mengganggu
WhatsApp akan menyembunyikan berbagai informasi dari kontak yang dikecualikan . (foto: Christian Wiediger / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tampaknya WhatsApp tak lagi ingin kehilangan penggunanya. Sebab, WhatsApp dilaporkan sedang melakukan pengembangan fitur last seen, memungkinkan pengguna bisa menyembunyikan last seen ke beberapa kontak tertentu saja.

"Hari ini WhatsApp akhirnya bekerja untuk memperkenalkan opsi lain yang disebut My Contacts Except, sehingga Anda akhirnya dapat mengaktifkan tampilan terakhir Anda, dan Anda dapat menonaktifkannya untuk kontak tertentu," ujar WABetaInfo, Rabu, 8 September.

Last seen merupakan fitur dimana pengguna lain, dapat melihat kapan terakhir kali mereka membuka WhatsApp. Awalnya last seen hanya bisa dilihat oleh semua pengguna, sebelum WhatsApp memperbaruinya.

Dikatakan WABetaInfo, dengan adanya fitur baru ini, pengguna bisa memilih untuk menyembunyikan status ke semua kontak mereka dan memilih untuk menyembunyikan last seen ke beberapa kontak pilihan yang diinginkan, tanpa menonaktifkannya sama sekali. Hal ini juga berlaku untuk foto profil dan bio.

"Perlu diingat, jika Anda menonaktifkan fitur last seen untuk kontak tertentu, Ana juga tak bisa melihat status mereka," ungkap WABetaInfo.

see_also]

- https://voi.id/teknologi/82974/investor-kawakan-warren-buffet-raup-untung-28-8-triliun-dari-perusahaan-mobil-listrik-china

- https://voi.id/teknologi/82937/tsmc-naikkan-harga-chipset-iphone-13-disinyalir-tak-dijual-murah

- https://voi.id/teknologi/82977/bursa-kripto-ftx-luncurkan-marketplace-nft-saingi-opensea

- https://voi.id/teknologi/82867/cara-menggunakan-facetime-di-android

- https://voi.id/teknologi/82842/cardano-diklaim-sebagai-mata-uang-kripto-paling-berharga-di-pasar-ini-penjelasannya

[/see_also]

Mengutip Android Police, fitur baru WhatsApp tersebut nantinya akan menjadi jalan dua arah, saat pengguna menyembunyikan last seen, foto profil dan bio dari beberapa orang yang dipilihnya dari kontak.

Maka, WhatsApp juga akan menyembunyikan berbagai informasi dari kontak yang dikecualikan itu, jadi pengguna tidak dapat saling melihatnya. Fitur ini diketahui baru di uji coba pada pengguna iOS, dan kedepannya, WhatsApp akan segera menerapkan untuk pengguna lainnya.

Pilihan untuk menyembunyikan status kepada kontak tertentu ini merupakan pengembangan dari fitur serupa yang saat ini sudah tersedia. Tentu saja kebijakan baru WhatsApp ini diharapkan bisa memberikan lebih banyak kontrol pengguna atas privasi mereka.