Cara Menyembunyikan <i>Last Seen</i> di WhatsApp dengan Mudah dari Kontak Tertentu
Cara Menyembunyikan Last Seen di WhatsApp dengan Mudah dari Kontak Tertentu (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi pesan instan WhatsApp telah mempersiapkan sejumlah fitur terbaru, salah satunya adalah menyembunyikan "Last Seen". Last Seen sendiri merupakan fitur yang dapat melihat kapan pengguna online di aplikasi WhatsApp.

Hal tersebut membuat sebagian pengguna merasa kurang nyaman dan memilih untuk menonaktifkannya. Namun, menonaktifkan "Last Seen" atau terakhir dilihat di WhatsApp membuat semua orang tidak dapat mengetahui kapan terakhir kali pengguna online.

Kondisi itu pun membuat sebagian pengguna merasa dilema antara mengaktifkan atau menonaktifka fitur Last Seen. Tapi, masalah tersebut bakal segera teratasi karena WhatsApp telah melakukan pembaruan yang memungkinkan pengguna membatasi siapa saja yang dapat melihat kapan terakhir kali Anda online.

Fitur baru dari WhatsApp tersebut bernama My Contack Except, yang dapat dipilih untuk menampilkan informasi Last Seen, profil, foto, dan informasi pengguna lainnya yang diizinkan dilihat oleh kontak tertentu, dan siapa saja yang tidak diizinkan.

Jika Anda tertarik untuk mengaktifkan fitur tersebut, tim VOI telah mempersiapkan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membatasi kontak yang dapat mengetahui kapan Anda melihat WhatsApp atau online.

Cara Menyembunyikan Last Seen dari Kontak Tertentu

Untuk mengaktifkan fitur Last Seen dari kontak tertentu yang ada di WhatsApp Anda, pengguna dapat memperbarui atau update aplikasi WhatsApp Anda terlebih dahulu di Google Play Store atau Apps Store.

Setelah itu, Anda dapat membuka aplikasi WhatsApp, kemudian memilih ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas atau tombol "Lainnya" aplikasi Anda.

Selanjutnya, klik menu "Setting" atau pengaturan WhatsApp, kemudian klik "Account". Setelah itu, pilih menu "Privacy" dan klik ikon "Last Seen" atau terakhir dilihat.

Setelah memilih menu tersebut, pengguna akan diberi beberapa pilihan yakni "Everyone" yang berarti semua orang dapat melihat kapan Anda terakhir kali menggunakan WhatsApp.

Kemudian "Your Contact" yang berarti hanya orang-orang yang ada di kontak Anda yang dapat melihat status "Last Seen" Anda di WhatsApp. Selanjutnya, adalah "Nobody" yang berarti tidak ada orang yang dapat melihat status Anda.

Dan terakhir adalah fitur terbaru WhatsApp yakni "My Contact Except". Jika Anda memilih menu terakhir, maka pengguna dapat menentukan siapa saja yang dapat melihat status "Last Seen" Anda, dan siapa saja yang tidak dapat melihatnya.

Jika Anda ingin menggunakan fitur tersebut, klik "My Contact Except" hingga muncul tanda bulat berwarna hijau, maka fitur tersebut sudah Anda gunakan dan Anda dapat mengaturnya.

Demikian adalah cara untuk menyembunyikan kapan Anda melihat WhatsApp atau online menggunakan fitur "Last Seen" yang segera dirilis pada akhir tahun 2021.