Bagikan:

JAKARTA - GIPHY, sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mencari dan berbagi video loop pendek atau gif, mengumumkan kemitraannya dengan Scribely, penyedia solusi aksesibilitas konten. 

Kemitraan memungkinkan Scribely untuk mengisi atau menambahkan teks deskriptif ke konten platform untuk pengguna mengalami gangguan penglihatan. 

"1 dari 5 orang saat ini mengidentifikasi sebagai penyandang cacat. Baik itu visual, kognitif, atau seluler, ada populasi signifikan yang membutuhkan teknologi pendukung untuk menjelajahi web," tulis GIPHY di websitenya. 

Dengan bermitra dengan Scribely, GIPHY akan menjadi penyedia GIF pertama yang memiliki deskripsi teks alternatif untuk konten terpopuler yang tersedia melalui API GIPHY. 

Ini berarti pembaca layar akan membacakan teks alternatif untuk konten ini dengan lantang sehingga memungkinkan pengguna merasakan GIF saat mereka menelusuri dan membagikan konten GIPHY untuk mengekspresikan diri.

“GIF adalah bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari, berkat kemampuannya yang unik untuk menyampaikan ide, emosi, dan humor dengan cara yang seringkali tidak bisa dilakukan oleh gambar statis. Tapi tanpa teks alternatif, momen itu hilang dan tidak termasuk jutaan," ujar Caroline Desrosiers, pendiri dan CEO Scribely.

Teks alternatif di GIPHY kini tersedia untuk konten yang paling populer berdasarkan istilah penelusuran teratas. GPIHY juga berencana untuk meluncurkan teks alternatif secara bertahap ke lebih banyak perpustakaannya. 

Artinya, pada aplikasi web dan seluler GIPHY, teks alternatif akan secara otomatis dibacakan melalui perangkat pembaca layar untuk konten tersebut. 

“Pengetahuan dan keahlian Scribely dengan deskripsi teks alternatif menjadikan mereka mitra yang ideal untuk meningkatkan aksesibilitas GIPHY bagi tunanetra dan pengguna pembaca layar kami,” kata Amanda Kaufmann, VP of Product, GIPHY. 

Kaufmann mengatakan kemitraan ini hanyalah permulaan dari apa yang GIPHY harapkan untuk menjadi kemitraan jangka panjang dengan Scribely dalam menjadikan GIPHY sebagai platform yang lebih adil dan mudah diakses.