Bagikan:

JAKARTA - Setelah peluncuran beta terbatas pada April lalu, kini aplikasi RealityScan dari Epic Games tersedia untuk diunduh secara gratis di iOS.

RealityScan adalah aplikasi pemindaian 3D untuk perangkat seluler yang dengan mudah mengubah foto menjadi model 3D fidelitas tinggi, tanpa memerlukan pengalaman untuk memulai.

Pengguna cukup memotret objek menggunakan ponsel cerdas mereka dalam berbagai sudut, maka aplikasi RealityScan akan menggunakan pemrosesan cloud untuk mengubahnya menjadi model 3D, yang kemudian dapat diekspor ke Sketchfab, sebuah platform untuk berbagi model 3D.

Dari Sketchfab, pengguna dapat membawa hasilnya ke aplikasi seperti Unreal Engine milik Epic sendiri atau Twinmotion, MetaHuman, bahkan alat pasca-pemrosesan lainnya.

Aplikasi ini dengan mudah menampilkan setiap gambar yang telah diambil dalam augmented reality (AR). Dengan RealityScan, sekarang siapa pun dapat membuat model 3D dari objek dunia nyata dan menggunakannya untuk meningkatkan realisme proyek visualisasi mereka.

Dalam keterangan yang diterima, Selasa, 6 Desember, pengguna RealityScan akan secara otomatis ditingkatkan ke akun Sketchfab Pro selama setahun setelah unggahan Sketchfab pertama mereka.

Sebagai informasi, RealityScan dibuat oleh Capturing Reality, pengembang solusi fotogrametri yang merupakan bagian dari keluarga Epic Games, misinya adalah membuat pemindaian 3D dapat diakses oleh semua pencipta.

Saat ini, RealityScan hanya tersedia untuk iPhone dan iPad, tetapi Epic Games mengatakan versi Android sedang dikerjakan untuk di 2023.