Bagikan:

JAKARTA - Epic Games mengumumkan kolaborasi strategisnya dengan Autodesk, untuk mempercepat pengalaman 3D real-time yang imersif di seluruh industri. 

Perusahaan pengembangan sekaligus penerbitan video gim itu mengatakan bahwa kolaborasi ini akan memiliki fokus awal pada architecture, engineering and construction (AEC).

Kolaborasi strategis Epic Games dengan Autodesk bertujuan untuk membuat lingkungan yang imersif dan alur kerja kolaboratif mudah diakses oleh desainer, insinyur, dan profesional konstruksi, sehingga mereka dapat memberikan proyek yang lebih inovatif dalam waktu yang lebih singkat.

Penawaran terintegrasi pertama adalah Twinmotion Epic Games untuk Autodesk Revit, yang akan membantu desainer menghidupkan proyek mereka dan menceritakan kisah di balik niat mereka atau untuk mengkomunikasikan masalah kompleks secara sederhana. 

"Integrasi antara Autodesk Revit dan Twinmotion menjanjikan untuk menghadirkan pengalaman 3D real-time yang benar-benar mulus bagi para profesional desain,” kata Marc Petit, Wakil Presiden Epic Games, Unreal Engine Ecosystem dalam pernyataannya dikutip Jumat, 30 September. 

Revit akan digunakan untuk merancang, mendokumentasikan, dan mengirimkan proyek bangunan dan infrastruktur, sedangkan Twinmotion akan melengkapi prosesnya dengan mengikuti upaya rendering desain dan pembangunan secara real-time.

“Bersama dengan Epic Games, kami akan memperluas lingkungan yang imersif, yang memungkinkan desainer untuk dapat berkomunikasi dengan tim proyek dan klien mereka secara langsung," jelas EVP Autodesk AEC Design, Amy Bunszel.

Epic telah bekerja sama dengan Autodesk sejak 2008, ketika Autodesk bergabung dengan Mitra Terpadu Epic Games Program, yang memungkinkan integrasi perangkat lunak desain 3D Autodesk dengan Epic's Unreal Engine. 

Pada tahun 2021, Epic dan Autodesk berkolaborasi untuk menawarkan plugin Unreal Live Link for Maya baru, memungkinkan pembuat media dan hiburan (M&E) untuk mengalirkan data dari Maya ke Unreal secara real time.

Ke depannya, kedua perusahaan bertujuan untuk mengembangkan pengalaman bagi pelanggan di luar industri AEC, termasuk P&E dan manufaktur, yang menghadirkan nilai pembuatan konten waktu nyata.