Epic Games Luncurkan UEFN, Aplikasi PC untuk Mengembangkan dan Menerbitkan Gim Fortnite
Epic Games luncurkan aplikasi PC Unreal Editor for Fortnite (foto: Epic Games)

Bagikan:

JAKARTA - Epic Games meluncurkan Unreal Editor for Fortnite (UEFN), sebuah aplikasi PC baru yang digunakan untuk merancang, mengembangkan, dan menerbitkan gim dan pengalaman langsung ke Fortnite. 

Diumumkan pada Rabu, 23 Maret kemarin di Game Developers Conference, Epic sekarang akan berbagi 40 persen dari pendapatan Fortnite dengan siapa saja yang mendesain "pulau" di dalam gim. 

"Dengan banyak alat dan alur kerja Unreal Engine 5 yang canggih di ujung jari Anda, termasuk impor aset khusus, pemodelan, material, dan VFX, Sequencer, dan Rig Kontrol, Anda akan memiliki pilihan dunia baru untuk memproduksi dan menerbitkan gim dan pengalaman untuk Fortnite yang dapat dinikmati oleh jutaan pemain," tulis Epic dalam pengumumannya. 

Epic mengatakan bahwa UEFN bekerja berdampingan dengan perangkat Kreatif Fortnite yang ada, di mana para tim kreator dapat bekerja sama untuk mengembangkan dan menguji pulau secara real-time.

Dibangun berdasarkan konsep yang digunakan dalam perangkat Fortnite Creative, dengan penambahan fitur dan kemampuan baru, versi Beta ini akan memberi kreator beberapa kemampuan, seperti:

  • Membuat konten khusus dengan alat Modeling dan Material
  • Impor jerat, tekstur, animasi, dan audio
  • MenggunLN Niagara untuk membuat efek VFX
  • Membuat animasi dengan Control Rig dan Sequencer
  • Membuat desain gameplay dengan Verse
  • Bangun Lanskap untuk menciptakan lingkungan
  • Menciptakan pengalaman yang lebih besar dengan World Partition
  • Menggunakan Fab (Alpha) untuk menemukan dan mengimpor aset
  • Menggunakan Live Edit untuk berkolaborasi secara real time dengan orang lain
  • Berkolaborasi dengan Kontrol Revisi Tidak Nyata 

Apa perbedaan UEFN dari Unreal Engine 5?

UEFN dirancang untuk menciptakan pengalaman untuk Fortnite. Artinya, setiap pengalaman yang Anda buat dapat dipublikasikan langsung ke platform Fortnite. Dengan demikian, UEFN menggabungkan alat pembuatan dari Fortnite Creative dengan Unreal Editor, memungkinkan pembuat Unreal Engine mengembangkan konten untuk Fortnite menggunakan antarmuka yang sudah dikenal.

"UEFN akan terus berevolusi melalui Beta untuk menambahkan lebih banyak fungsionalitas yang sudah dikenal kreator dari Unreal Editor, memberi kreator kendali atas lebih banyak aspek pengalaman Fortnite mereka, dan memperluas kemampuan Verse API dan kerangka kerja," tutup Epic.