Regulator Gim <i>Online</i> Cina Berikan Lisensi untuk 27 Gim Asing
Ilustrasi bermain gim (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Administrasi Pers dan Publikasi Nasional (NPPA), regulator gim online China pada  Senin, 20 Maret kemarin telah memberikan lisensi kepada 27 gim asing, dari penerbit ternama termasuk Tencent Holdings, NetEase, dan Bilibili.

Di antara gim online impor yang disetujui oleh Administrasi Pers dan Publikasi Nasional setidaknya satu dari gim Tencent berjudul Merge Mansion, sudah berada dalam daftar tersebut. 

Selain itu, NetEase juga mendapatkan persetujuan untuk setidaknya satu gim selulernya yang berjudul Audition: Everyone Party, sementara Bilibili menerima lisensi untuk gim berjudul Shanyao! Youjunshaonu.

Dengan demikian, lisensi yang diberikan kali ini merupakan batch kedua gim online asing yang diberikan oleh penerbitan di China. Hanya membutuhkan tiga bulan regulator menyetujui gim tersebut, dari batch pertama pada bulan Desember lalu. 

Adanya persetujuan untuk gim-gim asing ini menunjukkan upaya pemerintahan China dalam melunakkan kebijakan ketatnya terhadap industri gim online yang dimulai pada Agustus tahun 2021.

Selain itu, China juga  telah menghentikan proses persetujuan untuk video gim asing selama 18 bulan antara tahun 2021 dan 2022. Pada April 2022, regulator pertama kali melanjutkan penerbitan lisensi gim untuk gim lokal.

 XD Inc juga menerima lisensi untuk dua gim seluler masing-masing berjudul Gorogoa dan Wizard of Legend. Judul terkenal lainnya yang disetujui oleh China melalui batch ini termasuk gim seluler bernama Fairy Tale: Fighting dan gim konsol bernama Yo-kai Watch 4.

Bilibili diberi lampu hijau untuk mendistribusikan Uma Musume: Pretty Derby sebagai bagian pada batch baru ini. Daftar total terdiri dari 22 gim seluler, tiga gim PC, satu gim Switch, dan satu gim platform ganda. 

Melansir Technode, data dari NPPA menunjukkan bahwa mereka mengeluarkan 97, 76, dan 44 lisensi gim asing dalam tiga tahun terakhir, dengan 44 judul yang disetujui pada tahun 2022 datang dalam satu batch di bulan Desember. 

Oleh karena itu, langkah pada Senin lalu membuat beberapa pengamat industri memperkirakan bahwa penerbitan lisensi gim asing akan menjadi lebih teratur tahun ini.