Cina Melarang Keras Siaran Langsung Video Game Tanpa Lisensi
Ilustrasi/Foto: Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Cina membatasi konsumsi media gim di negaranya. Hanya pemain yang memiliki lisensi yang valid saja yang dapat melakukan streaming langsung gim. Cina juga membatasi Streaming langsung Esport luar negeri yang tidak memiliki lisensi.

Menurut laporan reuters baru-baru ini, Departemen Radio dan Televisi Nasional mengeluarkan pembatasan baru ini sebagai bagian dari banyaknya tindakan yang diambil pemerintah untuk membatasi semua konten gim yang dikonsumsi di negara tersebut.

“Untuk jangka waktu tertentu, masalah seperti streaming langsung online yang kacau dan kecanduan remaja terhadap gim telah menimbulkan kekhawatiran luas di masyarakat dan langkah-langkah efektif perlu segera diambil,” kata regulator dalam pemberitahuan di situs webnya.

Dalam pemberitahuan website tersebut, pemerintah Cina melarang keras menyebarluaskan gim ilegal di platform audio visual online seperti film online dan drama televisi, variety show online, siaran langsung online, dan video pendek.

“Memperkuat pedoman norma perilaku pembawa acara. Semua platform harus memandu streamer dan pengguna untuk berinteraksi dengan cara yang beradab, berekspresi secara rasional, dan mengkonsumsi secara rasional, untuk bersama-sama menjaga lingkungan ekologi audio-visual online yang beradab dan sehat,” lanjut pemberitahuan itu.

Dilarang keras menggunakan siaran langsung untuk membuat penampilan suara, bagi orang yang pernah melanggar hukum, melanggar peraturan perundang-undangan, atau melanggar ketertiban umum.

Pemerintah juga memberlakukan pembatasan tertentu pada konsumsi video game oleh anak di bawah umur. Dan juga menerapkan sistem pengarsipan rahasia dengan ketat.  Dimana, peluncuran, siaran, dan tata letak program langsung gim harus diserahkan ke departemen administrasi radio dan televisi sesuai dengan persyaratan program langsung yang relevan.