Mantan Insinyur Gim TikTok, Jason Fung, Dirikan <i>Startup Game Blockchain</i>
Mantan karyawan TikTok buat starup gim blockchain. (foto: picabay)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan kepala unit gim di perusahaan raksasa TikTok, Jason Fung, kini meluncurkan startup game blockchain bersama salah seorang rekannya. Ini terungkap dalam wawancara dengan Reuters. Peluncuran itu terjadi saat buzz seputar game blockchain kini tumbuh sementara kelas berat di sektor itu tetap waspada karena krisis kripto yang terjadi saat ini.

Pria berusia 34 tahun itu meninggalkan TikTok bulan lalu,  setelah dua tahun bersama perusahaan tersebut. Kepergiannya terjadi saat TikTok dan pemiliknya di China, ByteDance, secara agresif berekspansi ke pasar game global senilai 300 miliar dolar AS (Rp4.451 triliun). Ekspansi ini  untuk menghadapi saingannya, Tencent Holdings.

Ini juga mencerminkan minat yang meningkat di antara pengusaha dan investor dalam game blockchain - generasi baru game online yang dibangun di atas blockchain yang memungkinkan pemain untuk memperdagangkan barang dalam bentuk token non-fungible (NFT).

Fung, yang usaha barunya bernama Meta0, mengatakan dia meninggalkan TikTok setelah melihat peluang untuk menawarkan solusi terhadap sifat terpisah dari opsi infrastruktur yang tersedia bagi pengembang yang ingin membangun game blockchain.

"Saat ini, jika Anda melihat pengembang mana pun ketika mereka menerapkan NFT atau blockchain dalam permainan mereka, mereka harus memilih satu blockchain, apakah itu Polygon atau Solana atau Binance Smart Chain. Tapi bayangkan opsi yang lebih dapat dioperasikan," katanya kepada Reuters di Hong Kong, mengacu pada blockchain populer yang ada.

"Jadi kami memutuskan, mari kita lakukan. Mari kita bersama-sama mendirikan perusahaan ini. Mari kita tinggalkan kehidupan korporat saya yang nyaman di TikTok dan ambil risiko besar," kata Fung, yang berbasis di Shenzhen dan telah melapor kepada chief operating officer TikTok, Vanessa Pappas.

“Tim pendiri Meta0 terdiri dari enam anggota selain dua pendiri bersama, dan perusahaan telah menutup pendanaan putaran pertama,” kata Fung.

Dia menolak untuk mengungkapkan rincian pendiri lainnya, anggota tim lainnya, atau investasi. Dia mengatakan perusahaan sedang mencari cara untuk mengumpulkan dana melalui penerbitan token, serta dari pemodal ventura dan investor strategis.

Pendukung game blockchain mengatakan mereka akan mengganggu industri game yang ada saat ini karena cryptocurrency dapat membuat item virtual lebih dapat ditransaksikan dan bahkan mendistribusikan kepemilikan game kepada pemain.

Namun game blockchain terkadang juga dikaitkan dengan penipuan, dan ekonomi virtual dari beberapa game telah runtuh segera setelah pemain membeli.

Sebagian besar perusahaan game mapan seperti Tencent, Sony  dan Microsoft  belum memasang tertarik untuk masuk ke pasar game blockchain.

Fung, sebagai kepala strategi dan operasi global TikTok untuk gim, sebelumnya ditugaskan untuk memperluas konten game dan menguji fitur-fitur baru seperti hosting mini-game di aplikasi.

TikTok dan ByteDance berkembang secara agresif ke dalam gim selama masa jabatan Fung, dengan akuisisi ByteDance termasuk pembelian studio game Moonton senilai 4 miliar dolar AS. Bahkan TikTok kini telah mencoba fitur mini-game di aplikasinya.

Upaya ini telah mengalami berbagai hal, baik keberhasilan dan kemunduran. Bulan lalu, perusahaan pelacak data, Sensor Tower, mengatakan portofolio gim seluler ByteDance telah menghasilkan pendapatan lebih dari 1 miliar dolar AS di seluruh dunia selama 12 bulan terakhir.

Namun, ByteDance juga membubarkan 101 Studio yang berbasis di Shanghai bulan lalu. Bahkan memberhentikan setengah dari 300 lebih staf. Sebuah produk dari akuisisi Mokun Technology tahun 2019, 101 Studio adalah unit pengembangan pertama yang ByteDance telah tutup karena kesulitan untuk tampil.

Fung, yang memimpin unit e-sports di Alibaba Group Holding dan Electronic Arts  di Asia sebelum bergabung dengan TikTok, menolak berkomentar ketika ditanya tentang siapa yang mungkin menggantikannya di TikTok.

Terlepas dari kekhawatiran beberapa industri, game blockchain yang telah menjadi salah satu tren investasi terpanas yang dibahas oleh taipan crypto dari Silicon Valley hingga Dubai.

Sebelum kehancuran pasar crypto baru-baru ini, industri game blockchain telah mengumpulkan rekor 1,2 miliar dolar AS pada kuartal pertama, menurut sebuah laporan oleh perusahaan perbankan investasi Drake Star Partners pada bulan April. Tahun lalu, total 3,6 miliar dolar AS dikumpulkan untuk sektor ini.

“Kami telah membangun protokol untuk pengembang gim, dan kami mengambil pendekatan agnostik blockchain yang fleksibel untuk pengembangan gim mereka,” kata Fung, saat membahas prospek masa depan untuk game blockchain.

"Dengan protokol yang kami kembangkan, maka pengembang dapat dengan mudah membangun kekuatan permainan mereka dari berbagai blockchain, dan memungkinkan pengguna untuk mentransfer fleksibilitas lintas rantai NFT mereka," tambahnya.